Mozaik

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Di saat bulan puasa, hal yang cukup sulit dilakukan adalah kita diharuskan untuk menahan haus seharian. Karena tidak boleh minum air membuat kita dehidrasi dan menyebabkan bibir terasa kering seharian.

Berikut adalah solusi untukmu menjaga bibir tetap lembab saat menjalankan ibadah puasa.

1. Angkat Sel Kulit Mati

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Foto : indozone.id

Mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi bibir merupakan salah satu cara menjaga bibirmu tetap lembab. Kamu bisa melakukan eksfoliasi bibir dengan gula dan madu. Caranya campurkan satu sendok teh gula pasir dan dua sendok teh madu. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bibir dan gosok perlahan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan eksfoliasi bibir secara rutin membuat sel kulit mati yang menumpuk pada bibir tergantikan dengan sel yang baru sehingga bibirmu akan terasa lebih lembab.

Baca Juga: 5 Golongan Orang yang Puasa Tapi Masuk Neraka

2. Minum Air dengan Pola 2-4-2

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Foto : dream.co.id

Dalam sehari kita diwajibkan meminum air minimal 8 gelas per hari. Namun saat di bulan puasa, tentu saja kita tidak bisa leluasa minum terutama di siang hari. Sebagai gantinya kita bisa menerapkan pola minum air putih 2-4-2 untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kamu bisa meminum air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas air setelah tarawih, dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu kita tetap minum 8 gelas air dalam satu hari.

3. Menggunakan Lip Balm

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Foto : detik.com

Untuk menjaga bibirmu tetap lembab, lip balm adalah hal yang harus kamu bawa kemana pun itu. Oleskan lah lip balm kepada bibirmu saat terasa mulai kering. Nah saat bulan puasa, gunakan lah unscented lip balm atau lip balm yang tidak beraroma.

Baca Juga: 9 Artis Hollywood yang Berpuasa di Bulan Ramadhan

4. Memperbanyak Konsumsi Buah Mengandung Air

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Foto : cookin.id

Buah membantumu untuk tetap sehat selama menjalani puasa. Nah selain mengkonsumsi cukup air, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah terutama buah-buahan yang banyak mengandung air. Kamu bisa mulai menyediakan semangka atau melon sebagai persediaan buah-buahan di rumah selama bulan puasa.

5. Pakai Madu Setiap Malam

Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

Foto : tribunews.com

Madu merupakan pelembab terbaik untuk bibir kering. Madu juga mengandung antioksidan dan bersifat antibakteri, yang bisa membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.
Saat malam hari atau sebelum tidur adalah saat yang tepat untukmu mengoles madu di bibirmu.

To Top