in

Terlihat Suci, 4 Golongan Orang Ini Justru yang Paling Banyak Dosanya

percikaniman.id

Orang yang terlihat suci, belum tentu hatinya suci. Allah itu tidak melihat bagaimana penampilan hambanya, tapi yang Allah lihat adalah isi hatinya. Meskipun seseorang melakukan kebaikan, tapi dalam hatinya tidak didasari niat ibadah, maka amal kebaikannya itu percuma saja.

Terdapat beberapa golongan orang yang terlihat suci tapi sebenarnya mereka yang paling banyak dosanya. Berikut ini simak ulasannya.

1. Merasa tidak punya dosa

Merasa rajin sholat, puasa, zakat dan ibadah lainnya, kita kadang merasa sudah bersih dari dosa-dosa. Kalau meninggal, kita merasa yakin akan langsung masuk surga. Tidak ada sedikit pun dalam hati kita merasa berdosa. Tapi tahu tidak kalau orang yang merasa dirinya tidak punya dosa atau merasa dosanya sedikit, justru orang itu dosanya sangat banyak. Kenapa demikian?

loading...

Dulu, Nabi Muhammad SAW sehabis sholat tak pernah lupa berdzikir dan memohon ampunan kepada Allah. Nabi Muhammad selalu menangis ketika memohon ampunan kepada Allah karena merasa dirinya banyak dosa dan tak pantas masuk surga. Padahal Nabi Muhammad adalah sosok manusia yang paling mulia akhlaknya dan dijamin oleh Allah akan masuk surga. Tapi Nabi sendiri merasa kalau dirinya banyak dosa dan selalu senantiasa memohon ampunan kepada Allah.

Baca Juga: 5 Dosa Penyebab Datangnya Bencana Di Suatu Negeri

Lantas kita sebagai manusia biasa yang tidak ada jaminan sedikitpun masuk surga, ibadah asal-asalan, ikhlasnya entah kemana, kenapa kita merasa tidak punya dosa dan yakin sekali bakalan masuk surga?

2. Punya banyak ilmu, merasa yang paling hebat

Orang yang merasa paling hebat karena banyak ilmunya termasuk golongan orang yang sombong. Apalagi jika sampai merendahkan dan meremehkan orang lain dengan ilmunya yang banyak itu. Allah itu paling benci orang sombong karena orang yang dalam hatinya ada setitik kesombongan saja, dia akan dimasukan ke dalam neraka.

Yang terpenting itu amal sholeh. Meskipun ilmunya banyak tapi tidak diamalkan, maka percuma saja.

Baca Juga: Sudah Berumur Tapi Tak Kunjung Dapat Jodoh, Mungkin 5 Dosa Ini Jadi Penghambatnya

3. Suka melihat kejelekan orang lain

Jangan anggap remeh dosa karena suka menjelekan orang lain, meskipun hanya dikatakan dalam hati sendiri. Masih suka menyimpan dan menjelekan keburukan orang lain itu berarti hati kita masih sangat kotor. Sebab kita masih jarang introspeksi pada diri sendiri atau dalam kata lain kita masih merasa yang paling benar. Sudah merasa paling benar, berarti kita yang paling banyak dosanya. Kalau misalkan tak sengaja menjelekan keburukan orang lain, segera ucapkan istighfar.

4. Munafik

Orang munafik dilihat dari luar seperti emas, tapi di dalamnya seperti batu koral hitam yang kotor. Orang biasa tidak akan menyadarinya dan hanya Allah yang tahu. Golongan munafik hampir sejajar dengan golongan orang kafir, mereka wajahnya seperti seorang ahli ibadah, tapi hatinya sangat busuk. Ucapannya begitu manis tapi berbisa.

loading...
Loading...
Loading...