in

Tanda-Tanda Fisik Kedatangan Malam Lailatul Qadar

malam lailatul qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang spesial karena lebih baik dari 1000 bulan. Jika seseorang beribadah di malam tersebut, itu sama artinya dengan beribadah selama 1000 bulan. Bayangkan betapa besarnya pahala yang didapat jika kita beribadah di malam yang istimewa ini.

Namun Allah merahasikan kedatangan malam Lailatul Qadar agar umat muslim semakin giat beribadah di bulan Ramadhan. Hanya orang yang bersungguh-sungguh saja yang bisa mendapatkannya.

Meksipun tidak diketahui secara pasti kapan Lailatul Qadar datang, ada beberapa tanda yang menandakan kedatangan malam yang istimewa ini. Biasanya Lailatul Qadar datang pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. Untuk lebih jelasnya, simak tanda-tanda kedatangan malam Lailatul Qadar yang bisa dilihat secara fisik.

Baca Juga: Jangan Dipersulit! Ini Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar

1. Suasana malam yang berbeda

Ketika Lailatul Qadar datang, suasana malamnya berbeda dengan suasana malam pada umumnya. Langit terlihat cerah, tidak berawan, tidak ada hujan dan angin berhembus dengan lembut.

Sebagaimana sebuah hadits, dari Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam: “Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi syaitan).” (HR. at-Thobroni)

2. Udara terasa sejuk dan tenang

Malam Lailatul Qadar ditandai dengan udara malam yang sejuk dan tenang. Udaranya tidak dingin, tapi terasa sejuk sekali seperti di pagi hari.

Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah sollahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.” (HR. Hasan)

3. Bulan muncul setengahnya

Jika di antara sepuluh hari terakhir muncul bulan separuhnya, bisa jadi malam itu adalah malam Lailatul Qadar.

Abu Hurairah radliyallahu’anhu pernah berkata: Kami pernah berbincang tentang lailatul qadar di sisi Rasulullah solallahu’alaihi wa sallam, beliau berkata,
“Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR. Muslim)

Jadi intinya, Anda harus terus beribadah selama bulan Ramadhan, khususnya pada malam hari jika tidak ingin melewatkan malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini.

Loading...