Mozaik

Tanda-Tanda 100 Hari Menjelang Kematian yang Harus Diketahui

Tanda-Tanda 100 Hari Menjelang Kematian yang Harus Diketahui

Kematian pasti akan menghampiri setiap makhluk yang bernyawa. Tidak ada yang menjamin esok hari kita masih bisa hidup di dunia ini, meskipun hari ini kita sehat, masih muda dan kaya raya. Walaupun ajal sudah pasti datang, tapi entah kenapa kebanyakan manusia suka melupakan soal kematian seolah akan hidup seribu tahun.

Tidak ada seorangpun yang tahu kapan ajalnya akan datang. Walaupun Allah merahasiakan kematian, tapi Allah memberikan tanda-tanda bahwa ajal akan datang kepada seseorang.

Tanda-tanda tersebut hanya akan disadari oleh orang yang beriman, rasanya sangat tenang dan sejuk. Sementara yang tidak beriman malah akan merasakan kegelisahan ketika memasuki fase tanda kematian.

Bahkan katanya, seorang muslim akan diberikan tanda kematian sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari dan 1 hari menjelang ajal. Berikut pembahasannya yang lebih lengkap, yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 6 Tanda Seseorang Mendekati Ajalnya Menurut Penelitian

Tanda 100 hari menjelang ajal

Selepas waktu Ashar, pergantian dari terang menuju gelap, kita akan merasakan menggigil yang amat hebat dari ujung kaki sampai ujung rambut. Bagi yang menyadarinya akan terasa indah di hati, dan bila tidak menyadarinya, akan terasa biasa-biasa saja.

Tanda 40 hari menjelang ajal

Selepas waktu Ashar, jantung terasa berdenyut-denyut dengan kencang, lain dari biasanya. Orang yang beriman akan merasakan sesuatu yang aneh ketika mengalami tanda ini, orang yang tidak beriman akan menganggapnya biasa-biasa saja.

Tanda 7 hari menjelang ajal

Seminggu sebelum ajal menjemput, seseorang akan diuji dengan penyakit, baik itu yang ringan atau yang berat. Orang yang sakit biasanya tidak berselra saat makan, tapi yang ini lain. Orang sakit malah berselera makan.

Baca Juga: Percakapan Nabi Yaqub dengan Malaikat Maut Tentang Tanda Kematian

Tanda 3 hari menjelang ajal

Pada saat ini akan terasa denyutan di tengah-tengah dahi. Pada saat ini pula, mata hitam seseorang tidak akan bersinar lagi. Dan bagi orang yang sakit, hidungnya akan perlahan-lahan turun. Telinganya akan terlihat layu. Telapak kakinya juga perlahan-lahan akan jatuh ke depan.

Tanda 1 hari menjelang ajal

Di waktu Ashar, akan terasa denyutan hebat di bagian ubun-ubun. Artinya kita mungkin tidak akan menemui waktu Ashar keesokan harinya. Bagi yang beriman akan merasakan sejuk di bagian pusar.

Itulah tanda-tanda 100 hari menjelang kematian. Meskipun tidak sepenuhnya benar, tapi setidaknya tanda-tanda tersebut bisa mengingatkan kita semua bahwa kematian akan datang pada siapa saja tanpa mengenal yang muda atau tua.

To Top