in

Tanda Orang Munafik, Suka Sholat Ashar Menjelang Waktu Maghrib

Jangan suka menunda-nunda sholat lima waktu tanpa alasan yang jelas. Sebab kita tidak tahu kapan ajal akan datang. Bagaimana jika seandainya malaikat maut mencabut nyawa kita ketika dalam keadaan belum sholat karena suka menunda-nunda sholat?

Terutama menunda sholat waktu ashar. Banyak yang mengerjakan sholat ashar menjelang waktu maghrib dengan alasan sibuk bekerja atau masih lelah. Namun tahukah kalian kalau melaksanakan ashar menjelang maghrib adalah tanda orang munafik?

loading...

Sholat yang dilakukan menjelang matahari tenggelam, itulah sholatnya orang munafik. Dalam hadist Anas disebutkan bahwa Rasulullah bersabda:

“Itulah sholat orang munafik. Ia duduk menanti matahari di antara dua tanduk setan lalu ia berdiri dan melaksanakan sholat empat rakaat dengan cepat. Tidaklah ia mengingat Allah kecuali sedikit.” (HR. Muslim no. 662).

Baca Juga: Terlihat Suci, 4 Golongan Orang Ini Justru yang Paling Banyak Dosanya

Hadist di atas menjelaskan kalau banyak kaum muslim yang sengaja menunda-nunda sholat ashar dengan alasan masih lelah, sibuk bekerja atau bahkan malah bersantai karena merasa masih ada waktu.

Memang mereka mengerjakan sholat ashar, tapi mereka melaksanakannya secara terburu-buru. Tidak ada kekhusyukan dalam sholat mereka karena waktu maghrib sebentar lagi. Selama sholat pun, mereka hanya sedikit sekali mengingat Allah dan malah banyak memikirkan urusan dunia.

Laksanakanlah sholat ashar segera mungkin di awal waktu. Jangan pernah menunda-nundanya jika kita memang sempat melaksanakannya.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melaksanakan sholat ashar ketika matahari masih tinggi, tidak berubah sinar dan panasnya.” (HR. Bukhari no. 550 dan Muslim no 621).

Baca Juga: 5 Cara Setan Menggoda Kita Saat Sholat

Bahkan meninggalkan sholat ashar bisa menghapus semua amal. Dari Abu Malih, ia mengatakan: “Segerakanlah sholat ashar karena Nabi bersabda, ‘Barang siapa yang meninggalkan sholat ashar maka terhapuslah amalnya.” (HR. Bukhari no. 553).

Tak hanya sholat ashar, intinya kita jangan suka menunda-nunda pelaksanaan sholat lima waktu. Dengan alasan sibuk bekerja, kita seolah sudah terbiasa melaksanakan sholat di waktu yang kepepet. Jika memang bisa menyempatkan waktu luang saat sedang bekerja, kenapa tidak melaksanakan sholat. Sesungguhnya hati kita lebih tahu apakah kita benar-benar sibuk atau tidak.

Tunjukkanlah bukti cinta kita pada Allah dengan langsung melaksanakan sholat ketika mendengar kumandang adzan.

loading...
Loading...
Loading...