in

Shalat Subuh Kesiangan, Apa yang Harus Dilakukan?

Shalat Subuh Kesiangan, Apa yang Harus Dilakukan?

Banyak orang malas melaksanakan dan bahkan menunda shalat subuh dengan dalih masih ngantuk. Jika sengaja menunda shalat subuh lalu mendirikannya setelah matahari terbit, maka hukumnya tidak sah. Namun bagaimana bila shalat subuh kesiangan?

Jika Anda kesiangan, lalu bangun pas matahari sudah terbit atau bahkan sudah siang, maka Anda boleh melaksanakan shalat subuh. Sebab keterlemabatan Anda mendirikan shalat subuh bukan karena unsur kesengajaan.

Dengan syarat, pas bangun Anda harus langsung mendirikan shalat subuh dan jangan dulu menunda-nunda untuk melakukan pekerjaan lain.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Sulit Bangun Untuk Sholat Tahajud

Syarat lainnya adalah ketidak sengajaan, jadi jika Anda benar-benar kesiangan, tidak sempat terbangun dulu pas waktu subuh, Anda boleh mendirikan shalat.

Namun yang tidak boleh itu adalah adanya unsur kesengajaan. Misalkan Anda sempat terbangun pas waktu subuh, lalu Anda tidur lagi karena ngantuk dan malas sampai Anda bangun setelah matahari terbit. Jika Anda mendirikan shalat pas bangun, shalat Anda tidak sah.

Kesimpulannya Anda boleh mendirikan shalat subuh jika benar-benar kesiangan dan tanpa ada unsur kesengajaan. Tapi jika ada unsur kesengajaan walau hanya sedikit, shalat Anda tidak sah.

Selain itu, cobalah untuk tidur lebih awal dan jangan sampai begadang demi membela kesenangan yang bisa membuat Anda malas mendirikan shalat subuh.

Loading...
Loading...