Mozaik

Saat Kita Mengeluh, Allah Berikan Jawaban yang Bikin Kita Semangat Lagi

Saat Kita Mengeluh, Allah Berikan Jawaban yang Bikin Kita Semangat Lagi

Di dalam kehidupan ini, ada kalanya bahagia, ada kalanya sedih. Kenyataan tak selalu sesuai ekspektasi kita, di saat tertentu kita pasti pernah mendapatkan masalah yang sangat berat sampai membuat kita mengeluh.

Ketika diberikan cobaan, kita biasanya suka berkata begini kepada Allah, “Ya Allah aku sedih” atau “Ya Allah aku gak sanggup, ini terlalu berat.” Kita memang tidak akan mendengar langsung jawaban dari Allah, tapi yakinlah kalau Allah pasti memperhatikanmu dan akan membantumu melewati semua cobaan ini.

Senang dan susah seperti siang dan malam yang akan terus silih berganti selama kita hidup. Yang jadi pertanyaan bagaimana caranya kita tetap semangat menjalani hidup ini meski sedang menghadapi berbagai macam permasalahan.

Baca Juga: Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Allah Memberikan Cobaan Kepada Kita

Ketika kita meminta pertolongan kepada Allah atas semua keluh kesah kita, Allah sudah lebih dulu memberikan jawaban solusi dari semua permasalahan hidupmu dalam Al-Quran. Di sinilah pentingnya kita memahami makna setiap ayat dalam Al-Quran.

Saat kita mengeluh, Allah akan memberikan jawaban ini yang insyaallah bisa membuat kita jadi semangat lagi.

1. Aku capek Ya Allah

“dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS. An-Naba: 9)

2. Aku sedih Ya Allah

“Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS: At-Taubah: 40)

3. Aku stress Ya Allah

“hati mereka jadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS: Ar-Ra’d: 28)

Baca Juga: Sudah Beriman, Tapi Kenapa Cobaan Semakin Berat?

4. Aku merasa sendiri Ya Allah

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. Qaf: 16)

5. Sepertinya semuanya sia-sia

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihatan (balasan) nya.” (QS. Az-Zalzalah: 7)

6. Ini berat, aku gak sanggup Ya Allah

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Ternyata jawaban dari semua permasalahan hidup kita sudah ada dalam Al-Quran. Inilah pentingnya agar kita memahami makna dari setiap ayat Al-Quran agar bisa jadi obat kesedihan kita.

To Top