in

Rezeki Mendadak Seret? Mungkin Dosa-Dosa Ini Penyebabnya

Rezeki itu sudah ada yang mengatur. Kita sebagi manusia yang tak berdaya hanya bisa ikhtiar mencari rezeki yang sudah ditentukan takarannya oleh Allah. Untuk hasilnya serahkan saja pada Allah dan syukurilah rezeki yang kita dapat, baik itu kecil atau besar.

Namun pernahkah rezeki kalian mendadak seret padahal sebelumnya rezeki uang dan barang kalian begitu melimpah? Bisa jadi itu cobaan, bisa jadi itu peringatan dari Allah agar kita kembali ke jalan-Nya. Jika rezeki mendadak seret, mungkin saja dosa-dosa ini jadi penyebabnya.

loading...

1. Syirik

Syirik adalah panglima dari semua dosa. Syirik dalam Islam memiliki arti menyekutukan Allah. Salah satu contoh syirik adalah pergi ke dukun, minta-minta di kuburan, melakukan ritual persembahan terhadap arwah-arwah nenek moyang, memakai jimat untuk membawa keberuntungan, belajar ilmu-ilmu kebal dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Dosa yang Dapat Menghalangi Rezeki

Tak hanya non muslim, yang muslim pun sekarang banyak melakukan perbuatan-perbuatan syirik dan bahkan mencampurkannya dengan ajaran Islam. Sholat rajin, ngaji rajin, tapi masih suka melakukan kesyirikan, maka semua amal ibadahnya percuma saja. Dan jika seseorang meninggal dalam keadaan membawa syirik, maka ia kekal di neraka.

2. Zina

Zina adalah perbuatan yang dilaknat oleh Allah. Dosanya sangat besar sampai balasannya sudah nampak di dunia juga, apalagi nanti di akhirat. Jika seseorang gemar melakukan zina, secara tidak sadar dia sudah banyak menghamburkan rezekinya untuk melancarkan maksiatnya. Maka jangan heran bila lama kelamaan, zina bisa membuat seseorang sengsara.

3. Durhaka kepada orang tua

Ada banyak bentuk durhaka pada orang tua. Jika kita suka menyakiti perasaan orang tua, baik itu dari ucapan atau perbuatan, jangan salahkan siapapun jika rezeki mendadak seret. Yang bahaya itu ketika orang tua sudah terlanjur tersakiti, lalu mengadukannya kepada Allah. Hidup akan terasa kelam, rezeki selalu kurang meskipun sudah bekerja keras. Ingat, doa orang tua itu akan langsung menembus tujuh lapis bumi, tujuh lapis langit.

4. Tidak membayar zakat

Zakat itu sejajar dengan sholat, jika kita rajin sholat tapi enggan membayar zakat, maka sholat kita tidak akan diterima oleh Allah. Jika kita tidak mau membayar zakat fitrah, zakat maal, infaq dan sadakah dari sebagian rezeki yang kita dapat, maka Allah akan memberikan peringatan dengan mencabut semua rezeki yang sudah kita dapatkan. Kikir itu adalah sifat yang sangat dibenci oleh Allah.

Baca Juga: Ini 8 Amalan Untuk Membuka Pintu Rezeki

5. Suka menyakiti orang lain

Hati-hatilah dengan ucapan karena mulut bisa membuat orang lain sakit hati. Ketika orang lain sakit hati karena ucapan kita, maka mereka akan mendoakan keburukan untuk kita. Apa jadinya jika semua doa mereka dikabulkan? Pasti kita akan mengalami berbagai macam kesulitan yang disebabkan karena ucapan kita sendiri. Oleh karena itu, jagalah perkataan kita dan jangan suka menyakiti perasaan orang lain.

6. Tidak berdoa

Ketika rezeki seret, kita suka berdoa kepada Allah untuk meningkatkan rezeki kita. Dan ketika Allah meningkatkan rezeki kita, anehnya kita jadi tidak berdoa lagi. Allah itu sangat menyukai hambanya yang suka berdoa, jadi ketika kita berhenti berdoa, Allah kurangi lagi rezeki yang kita dapatkan agar mau berdoa lagi. Tapi alangkah baiknya, berdoa itu jangan mengedepankan uang dan barang, nomor satukanlah ingin diampuni dosa-dosa agar mendapat ridho Allah.

Beribadalah dengan tujuan mendapat ridho Allah. Jangan beribadah hanya sekedar untuk dilancarkan rezeki uang dan barang yang sangat kecil nilainya di depan Allah. Jika kita mendapatkan Allah, maka kita akan mendapatkan dunia dan akhirat.

loading...
Loading...
Loading...