in

Peringatan Untuk Orang Beriman dan Kabar Gembira Untuk Pendosa

Peringatan Untuk Orang Beriman dan Kabar Gembira Untuk Pendosa
Foto: muslimvillage.com

Orang yang beriman dan rajin beramal saleh belum tentu masuk surga, begitupun dengan orang yang suka melakukan perbuatan dosa, belum tentu mereka masuk neraka. Selamat atau celakanya seseorang hanya Allah yang berhak menentukan, tidak ada satupun manusia yang bisa mencampuri keputusan Allah.

Dalam Al-Quran, Allah berulang kali memberikan peringatan kepada orang-orang beriman yang bisa membahayakan mereka. Tapi di sisi lain, Allah juga memberikan kabar gembira kepada para pendosa. Lantas, kenapa orang beriman diberi peringatan sedangkan yang berdosa diberi kabar gembira?

Peringatan bagi orang beriman

Allah memberi peringatan kepada orang beriman agar mereka tidak membanggakan diri sendiri. Artinya jangan merasa sombong karena kita rajin ibadah dan sering melakukan kebaikan. Jangan menganggap jelek orang lain yang bersikap buruk dan tidak beribadah.

loading...

Jangan sampai ada perasaan bahwa kita akan masuk surga dan jangan pernah merasa kita tidak memiliki dosa karena rajin beribadah. Allah itu sangat membenci orang-orang sombong dan suka membanggakan diri sendiri atas dasar nafsu.

Tak peduli meski ia rajin beribadah dan berbuat kebaikan, tapi jika dalam hatinya ada sifat sombong, maka semua amal ibadahnya tidak akan berguna. Anggaplah semua amal ibadah yang kita lakukan semata-mata karena Allah dan anggaplah kita berlumuran dosa dan tak lepas dari kesalahan. Tumbuhkanlah sifat rendah hati di depan Allah dan semua manusia.

“Tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari sifat kesombongan.” (HR. Muslim).

Kabar gembira untuk pendosa

Kadang kala banyak orang yang merasa bahwa dosanya sudah terlanjur besar. Hingga muncul anggapan bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa-dosanya. Karena anggapan itu, mereka jadi putus asa dan berkecil hati.

Allah memberikan kabar gembira kepada para pendosa bahwa Allah akan menerima tobat mereka, dengan syarat tobatnya sungguh-sungguh dan menyesali segala perbuatan jeleknya dulu. Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang bertobat meski dosanya sebesar gunung.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ” (QS: Az-Zumar, ayat 53)

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ” (QS: An-Nisa, ayat 110)

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Yang Melakukan Sholat Jurusan Neraka

Lihatlah betapa tandasnya Allah memberikan kabar gembira ini kepada para pendosa. Allah tidak akan pernah berbohong dan semua yang dikatakan-Nya pasti benar.

Janganlah bersedih dan berkecil hati karena dosa-dosa yang pernah dilakukan dulu. Sebesar apapun dosanya, Allah pasti akan mengampuninya dengan syarat tobatnya sungguh-sungguh dan tidak akan mengulangi perbuatan buruk itu lagi.

Kelak di hari kiamat nanti, bakalan banyak orang beriman yang dimasukan ke neraka karena mereka suka berbangga diri. Kelak nanti juga, banyak orang yang berdosa kemudian mereka masuk surga karena bertobat.

loading...
loading...
Loading...
Loading...