Mozaik

Pentingnya Mengucapkan Basmalah Sebelum Melakukan Hubungan Suami Istri

Pentingnya Mengucapkan Basmalah Sebelum Melakukan Hubungan Suami Istri

Melakukan hubungan intim setelah menikah sudah dianggap sah secara Islam. Bahkan hukumnya mendekati wajib karena bisa mencegah seseorang dari perbuatan maksiat. Namun kebanyakan suami istri suka lupa berdoa sebelum berhubungan badan.

Kebanyakan lupa berdoa karena mungkin udah gak tahan dan terlalu fokus dengan kenikmatan yang sudah ada di depan mata. Padahal berdoa sebelum melakukan hubungan suami istri itu sangat penting lho.

Jika nanti ingin punya keturunan yang soleh dan penurut, jangan lupa berdoa sebelum melakukan hubungan suami istri. Setidaknya ucapkan basmalah dan tanamkan niat karena Allah.

Menurut salah satu hadist, berdoa dengan mengucapkan basmalah sebelum melakukan hubungan suami istri bisa menjaga anak dari gangguan setan.

Dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu Abbad, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian (suami) ketika ingin menggauli istrinya, dan dia membaca doa: ‘Dengan (menyebut) nama Allah,… dst’, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya.”

(HR. Bukhari no.141 dan Muslim no.1434)

Hadist tersebut menjelaskan betapa pentingnya berdoa sebelum melakukan hubungan intim. Disamping akan mendapatkan pahala, membaca doa bisa melindungi bayi dari bisikan setan ketika dilahirkan.

Baca Juga: 5 Larangan dalam Islam Ketika Suami Istri Berhubunga

Namun perlu diperhatikan kalimat ‘maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya’. Maknanya bukan berarti anak tersebut akan terbebas dari dosa sepanjang hidupnya, melainkan untuk menyelamatkan bayi dari bisikan setan ketika dilahirkan.

Meskipun bayi yang baru dilahirkan masih dalam keadaan suci, tapi setan akan berusaha membisikan keburukan pada bayi tersebut agar kelak ketika dewasa nanti, dia jadi pengikutnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Tangisan seorang bayi ketika (baru) dilahirkan adalah tusukan dari setan.” (HR. Muslim no.2367)

Dari awal dilahirkan hingga dewasa nanti, setan akan terus mengahalangi anak tersebut dari jalan kebenaran. Setidaknya dengan berdoa, semoga kelak keturunan kita diberikan kekuatan dan kemampuan untuk melawan godaan setan.

Sekarang kita sudah mengetahui betapa pentingnya berdoa sebelum melakukan hubungan suami istri. Berdoalah, setidaknya dengan mengucapkan basmalah dalam hati. Anda juga bisa menambahkan kata-kata lain. Contohnya, semoga Allah memberikanku keturunan yang soleh dan baik atau semoga Allah memberikan keselamatan pada keluarga dan keturunanku.

To Top