in

Pengertian dan Penjelasan Sakinah Mawaddah Warahmah, Pengantin Baru Wajib Nyimak!

Pengertian dan Penjelasan Sakinah Mawaddah Warahmah, Pengantin Baru Wajib Nyimak! 1

Doa semoga keluarganya sakinah mawaddah warahmah biasanya dipanjatkan untuk pasangan yang baru menikah. Dan tentunya kita sendiri yang masih single, pasti kelak mengharapkan keluarga yang seperti itu.

Lalu apakah kalian paham apa maksud dari sakinah, mawaddah dan warahmah? Jangan sampai kalian berdoa seperti itu, tapi kalian sendiri tidak memahami apa maknanya. Kalau tidak paham maknanya, bagaimana nanti keluarga kalian bisa sakinah, mawaddah dan warahmah.

Pasti kebanyakan dari kalian tidak paham apa maksud dari doa tersebut, betul kan? Jika iya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini agar kalian paham apa makna dari doa tersebut. Pengantin baru atau yang sudah berumah tangga lama sangat diwajibkan nyimak!

Baca Juga: 4 Perbedaan Cinta dan Nafsu Dilihat dari Sudut Pandang Islam

1. Sakinah

Tiga kata utama, yakni sakinah, mawaddah dan warahmah merupakan istilah dalam bahasa Arab yang diambil dari surat Ar-Rum ayat 21. Berikut arti dari ayat tersebut:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri (manusia), supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah) kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa cinta dan kasih sayang (mawaddah wa warahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Rum, ayat 21).

Jadi, sakinah memiliki arti tentram, tenang, damai dan saling melindungi. Sejatinya, pasangan yang sakinah itu adalah mereka yang selalu menjaga ketenangan dalam rumah tangga, tidak suka ribut dan selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Sehingga terciptalah rumah tangga yang tentram dan damai.

2. Mawaddah

Mawaddah berarti saling mencintai satu sama lain, baik itu di kala senang atau susah, siang atau malam dan muda atau tua. Dari rasa cinta tersebut timbul rasa ingin mleindungi, saling mengajak dalam kebaikan dan selalu berkomunikasi. Rasa cinta itu pula yang membentuk kelapangan dada untuk saling menerima kekurangan satu sama lain. Pasanganmu bagaikan pakaian bagimu, dan kamu bagaikan pakaian baginya.

Baca Juga: 4 Kondisi Ini Akan Menguji Cinta Suami Pada Istrinya

3. Warahmah

Warahmah memiliki kata dasar rahmah atau rahmat yang berarti kasih sayang, sementara kata “Wa” merupakan kata sambung yang berarti “Dan”. Warahmah adalah hasil akhir dari sakinah dan mawaddah.

Dengan hadirnya kasih sayang di antara keduanya, maka setiap pasangan harus saling menjaga satu sama lain, memahami hak dan kewajibannya dan saling memaafkan sehingga muncul suasana hubungan yang tentram, damai dan sangat indah.

Memang mudah mengucapkan sakinah, mawaddah dan warahmah itu, tapi praktikanya langsung di lapangan sangat sulit. Yang sudah rumah tangga sejak lama pasti tahu betapa sulitnya menahan emosi ketika ada sesuatu yang mengganjal, pasti tahu betapa sulitnya menerima kekurangan pasangan dan tahu betapa sulitnya menjaga kasih sayang di saat susah.

Loading...
Loading...