Mozaik

Pandangan Islam Tentang Wanita Meminta Untuk Dinikahi, Gak Dilarang Kok!

Pandangan Islam Tentang Wanita Meminta Untuk Dinikahi, Gak Dilarang Kok!

Umumnya prialah yang menyatakan perasaan pertama kali kepada perempuan. Sejak zaman Nabi, memang pria yang selalu pertama meminang wanita. Kendati demikian, tidak ada hadis yang melarang wanita untuk menyatakan atau meminang duluan.

Di zaman Rasulullah ada beberapa perempuan yang meminta duluan untuk dinikahi. Salah satunya adalah Siti Khadijah yang meminta dinikahi Rasulullah.

Khadijah adalah sosok saudagar kaya raya yang memiliki paras cantik, sedangkan Nabi Muhammad adalah partner bisnisnya yang dikenal memiliki akhlak mulia dan sangat jujur.

Baca Juga: Muhammad dan Khadijah, Kisah Cinta Paling Indah Sepanjang Masa

Nabi sering membawa barang dagangan Khadijah ke Negeri Syam ditemani Maisaroh, pembantu Khadijah. Dari situ Maisaroh menceritakan tentang kebaikan dan kejujuran Nabi Muhammad kepada Khadijah.

Khadijah pun mulai tertarik kepada Nabi Muhammad meskipun ia belum pernah bertatap muka secara langsung. Kemudian Khadijah bermimpi melihat matahari berputar-putar di atas kota Mekkah hingga akhirnya matahari itu masuk ke rumahnya.

Mimpi itu kemudian diceritakan kepada sepupunya, Waraqah bin Naufal. Lalu beliau menceritakan makna mimpi tersebut bahwa bakal ada sosok pria mulia yang ditakdirkan untuk dinikahi Khadijah. Dari situ, Khadijah yakin bahwa Nabi Muhammad adalah sosok pria mulia itu.

Kemudian Khadijah meminta bantuan kepada Nafisah binti Munabih untuk menyampaikan perasaanya kepada Nabi Muhammad. Nafisah pun menemuai Rasulullah dan menyampaikan niat baik Khadijah dengan bijak.

Baca Juga: Kisah Cinta Ali bin Abi Thalib dan Fatimah, Pasangan yang Dirindukan Surga

Nabi pun menerima lamaran Khadijah. Dengan ditemani pamannya, Abu Thalib, beliau kemudian datang ke rumah Khadijah untuk meminangnya. Keputusan itu disetuju oleh kedua belah pihak dari keluarga Rasulullah dan keluarga Khadijah.

Siti Khadijah yang merupakan sosok wanita mulai dan kaya raya tidak malu menyatakan perasaannya duluan meskipun melalui perantara. Dia pun hidup bahagia bersama Rasulullah meskipun pada akhirnya keduanya jatuh miskin dan harus menerima cercaan dari kaum kafir.

Buat ukhti-ukhti yang belum punya pasangan, apa salahnya kamu yang duluan menyatakan perasaan kepada laki-laki yang memang kamu cintai. Hal itu tidak akan menurunkan martabatmu kok dan secara agama juga tidak dilarang. Jika kamu tidak berani, kamu bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk menyampaikan pesanmu.

You May Like

To Top