in

Pakaian Jasmani Serba Baru Saat Lebaran, Pakaian Rohani Baru Gak?

Pakaian Jasmani Serba Baru Saat Lebaran, Pakaian Rohani Baru Gak?

Saat lebaran, mulai dari sepatu, celana dan baju pasti serba baru. Rasanya memang tak lengkap jika di hari lebaran kita tidak memiliki pakaian baru. Boleh-boleh saja sih pakaian jasmani serba baru, tapi bagaimana dengan pakaian rohani, apakah sudah baru atau masih yang lama?

Pakaian rohani berbeda dengan pakaian jasmani. Memang seperti apa pakaian rohani itu? Secara singkatnya pakaian rohani adalah akhlak kita terhadap Allah dan manusia. Apakah kita sudah benar-benar taat pada perintah Allah, dan apakah kita sudah bisa menunjukkan akhlak mulai terhadap sesama?

Mengubah sifat buruk jadi sifat yang baik

Jika dulu sifat dan prilaku kita sangat buruk, seharusnya di hari lebaran kita sudah bisa membuang semua sifat buruk itu. Begitupun dengan prilaku kita yang seharusnya menunjukkan akhlak yang mulia terhadap sesama.

loading...

Baca Juga: Mengintip Suasana Lebaran Tempo Dulu Di Indonesia

Jarang beribah jadi rajin beribadah

Bila dulu jarang beribadah dan kerap melakukan dosa, sekarang gantilah pakaian rohaninya dengan rajin beribadah dan menghindari segala macam perbuatan dosa. Jangan sampai rohani kita dikenakan pakaian yang berlumuran dosa, tapi kenakanlah pakaian yang berlumuran amal shaleh.

Intinya kita harus bisa hijrah dari yang buruk ke yang baik. Jika di hari lebaran kita merasa masih memiliki sifat yang buruk, malas beribadah dan kerap melakukan perbuatan dosa, berarti pakaian rohani kita masih yang lama.

Sebagus apapun pakaian jasmani kita, tidak akan ada artinya di depan Allah jika pakaian rohani kita masih dalam keadaan kotor. Karena yang menentukan celaka atau tidaknya kita nanti, yaitu hati atau rohani.

Semoga di hari lebaran ini, tak hanya pakaian jasmani saja yang serba baru, tapi mudah-mudahan pakaian rohani juga baru dan jauh lebih bersih dari sebelumnya.

loading...
loading...
Loading...
Loading...