Mozaik

5 Obat Untuk Melunakan Hati yang Keras

5 Obat Untuk Melunakan Hati yang Keras

Kerasnya hati bisa menjauhkan kita dari hidayah Allah. Jauh dari hidayah Allah sama dengan kecelakaan dunia akhirat.

Orang yang hatinya kerasa akan sulit menerima nasihat orang lain, merasa dirinya paling benar, berat dalam beribadah tapi ringan dalam bermaksiat dan pada akhirnya dia mencelakakan dirinya sendiri karena perbuatannya.

Jika Anda merasa kondisi hati sedang keras, sulit menerima kebenaran, lunakanlah hatimu segera. Tak ada dokter yang menjual obat untuk melunakan hati, obatnya hanya ada pada Allah. Jika Anda ingin obatnya, rajin-rajinlah lakukan amalan berikut ini.

1. Membaca Al-Quran dan mengamalkannya

Membaca atau mendengarkan ayat-ayat Al-Quran benar-benar bisa menenangkan hati. Ketika membaca Al-Quran, otomatis hati kita kontak dengan Yang Maha Kuasa. Kadang kalau kita menghayati setiap ayatnya secara mendalam, air mata bisa terurai.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Berdoa yang Sering Dilakukan, Pantesan Susah Dikabulkan

Terurainya air mata karena ayat-ayat Al-Quran bisa dengan cepat melunakan hati yang keras. Jadi sempatkan waktu luangmu untuk membaca Al-Quran walau hanya satu ayat.

Namun perlu diingat, jangan terus-terus dibaca, tapi harus juga diamalkan. Untuk mengamalkan Al-Quran, Anda perlu memahami setiap ayat yang dibaca.

2. Mendirikan shalat tahajud

Shalat tahajud bisa dibilang sangat spesial di depan Allah. Manusia yang mengerjakan shalat tahajud setiap malam pasti akan Allah tingkatkan derajatnya.

Selain besar pahalanya, shalat tahajud juga dapat melunakan hatimu. Semakin sering Anda shalat tahajud, semakin dekat Anda dengan Allah. Semakin dekat dengan Allah, semakin terjaga hati Anda dari hal-hal yang tidak baik.

3. Bergaul dengan orang-orang shaleh

Bergaulah dengan orang-orang shaleh kalau Anda ingin jadi orang shaleh. Jika Anda bergaul dengan orang yang salah, takutnya Anda terbawa arus mengikuti gaya hidup mereka.

Jika Anda bergaul dengan orang shaleh, setidaknya ada dorongan dalam hati untuk mulai memperbaiki diri. Dari niat mulai memperbaiki diri inilah, perlahan-lahan hatimu yang keras akan mulai lunak.

4. Merendahkan hati di depan Allah dengan doa

Perbanyaklah berdoa kepada Allah, terutama utamakanlah doa meminta ampunan kepada Allah. Setelah itu rendahkanlah hatimu di depan Allah dan akui semua kesalahanmu. Akuilah kalau Anda punya banyak dosa, sering berbuat salah tapi Anda memiliki keinginan untuk berubah. Semoga Allah memberikan kita kekuatan.

Hanya Allah yang memiliki daya upaya, sedangkan kita tidak punya apa-apa. Semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk menundukan hawa nafsu.

5. Rajin berpuasa

Merasa hati Anda keras? Maka rajin-rajinlah berpuasa sunnah. Sesungguhnya puasa itu bisa menjaga hati dan ucapanmu. Ketika kita berpuasa, apakah ada dorongan dalam diri kita untuk menjaga prilaku dan ucapan?

Jika ada, maka rajinlah berpuasa karena itu akan membentengi hatimu dari hal-hal yang tidak baik.

Dan pada inti dari semuanya, perbanyaklah mengingat Allah dengan dzikir!

To Top