in

Manfaatkanlah 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara

Manfaatkanlah 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara

Selama kita hidup di dunia ini, roda kehidupan akan terus berputar. Ketika kita sedang sehat, akan datang kalanya sakit. Saat muda, kita tidak akan selamanya muda dan wajahmu akan mulai menua. Dan ketika kamu kaya, kamu tidak akan selamanya kaya, ada kalanya kamu merasa kekurangan.

Namun yang paling penting, seberapa mampukah kita memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk menjemput ridho Allah. Apakah kita bisa memanfaatkan tubuh yang sehat ini sebelum sakit, apakah kita bisa memanfaatkan masa muda sebaik-baiknya sebelum datang masa tua?

Dalam salah satu hadist, Rasulullah SAW menjelaskan kepada kita bahwa manfaatkanlah 5 perkara ini sebaik-baiknya sebelum datang 5 perkara lain. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu

Gunakanlah masa mudamu untuk beribadah dengan penuh kesungguhan. Lakukanlah banyak kebaikan di masa mudamu karena di waktu ini kondisi tubuhmu sedang dalam keadaan prima. Sebab ketika tua nanti, kondisi fisik kamu tidak akan sekuat dulu. Kamu pun jadi mudah lelah dan sakit-sakitan. Jika di masa mudamu kamu banyak bermalas-malasan, apalagi di masa tuamu.

2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu

Kamu akan mengerti betapa mahalnya sehat ketika kamu sedang sakit. Saat sakit, semua yang kamu miliki, termasuk kekayaan, jabatan, ketampanan atau kecantikan, rasanya tidak bisa banyak menologmu.

Saat sakit, kamu baru ingin beribadah sungguh-sungguh karena kamu takut mati. Oleh sebab itu, jangan menunggu sakit dulu baru beribadah, tapi manfaatkanlah sehatmu untuk beramal soleh.

Baca Juga: Ibadah Itu Bukan Soal Dilancarkan Rezeki, Tapi Untuk Mendapatkan Ridho Allah, Uang Barang Ngikutin!

3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu

Ketika kamu sedang diberikan rezeki yang lebih, jangan gunakan rezeki itu untuk berpoya-poya. Dan ketika kamu jatuh miskin, baru kamu sadar betapa pentingnya beramal itu.

Rajinlah beramal ketika kamu diberikan rezeki yang lebih, seperti bersedekah kepada orang-orang miskin, membantu tunawisma dan membantu orang-orang yang tertindas. Gunakanlah kekayaanmu untuk menjemput ridho Allah. Dan ketika datang masa kefakiranmu, tetaplah beramal semampumu.

4. Waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu

Waktu luang jauh lebih berharga dari tumpukan uang. Adanya waktu luang, berarti kita memiliki kesempatan lebih banyak untuk beribadah. Namun ketika kamu disibukan dengan suatu pekerjaan, kamu sendiri tahu betapa sulitnya menyempatkan waktu untuk beribadah di sela-sela kesibukanmu.

Manfaatkan waktu luangmu sebaik mungkin. Dan yang paling berharga di depan Allah yaitu seberapa kuatkah tekad kamu untuk menyediakan waktu luang di tengah-tengah kesibukanmu?

5. Hidupmu sebelum datang matimu

Hidupmu adalah kesempatanmu untuk merubah diri jadi lebih baik lagi. Hidupmu adalah kesempatanmu untuk mendapatkan ridho Allah. Sebab setelah kematian datang menjemputmu, kamu tidak punya kesempatan lagi untuk beribadah. Yang akan kamu dapatkan hanya rasa penyesalan dan siksaan yang tiada akhir.

Sahabat Wow Menariknya, manfaatkanlah 5 perkara tersebut sebelum datang 5 perkara lainnya dengan sebaik-sebaiknya.

Loading...