in

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berdoa Minta Jodoh

Jatuh cinta sudah jadi fitrah manusia yang tidak terlarang selama tidak diikuti dengan perbuatan-perbuatan yang Allah haramkan.

Loading...

Bisa jadi sekarang ini hati kita condong pada seseorang. Sehingga kita menganggap kalau dialah yang pantas jadi pasangan hidup kita suatu hari nanti. Kita sangat yakin kalau dia adalah jodoh yang sudah dinanti-nanti selama ini.

Namun rasa cinta tersebut jangan sampai membuat kita berlebihan dalam memanjatkan doa kepada-Nya. Ya secara tidak sadar kita sering melakukan kesalahan saat berdoa minta jodoh.

Contohnya berdoa seperti ini, “Ya Allah jadikanlah aku berjodoh dengan dia. Jadikanlah ia yang terbaik buat hamba.”

loading...

Atau berdoa seperti ini, “Ya Allah, jika dia bukan jodohku, maka jadikanlah dia jodohku.”

Baca Juga: Doa Untuk Mendapatkan Jodoh yang Terbaik

Padahal Rasulullah pernah bersabda, “Sungguh akan muncul kaum dari umat ini yang akan berbuat malampaui batas dalam berdoa dan bersuci.” (HR. Sunan Abi Dawud, no 87).

Yang terbaik menurut kita, belum tentu terbaik menurut Allah.

Mungkin saat ini kita menganggap kalau dia yang terbaik menurut kita, namun dia belum tentu terbaik menurut Allah. Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 216:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bolehlah jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS: Al-Baqarah ayat 216).

Kadang apa yang kita benci, ternyata itu yang terbaik untuk kita menurut Allah. Tapi di sisi lain, apa yang kita cintai, kadang itu adalah yang terburuk bagi kita menurut Allah. Hanya Allah yang mengetahui mana yang terbaik dan yang tidak untuk kita.

Baca Juga: 4 Ciri Dia Benar-Benar Jodohmu yang Baik

Termasuk dalam urusan jodoh. Kita boleh bersuaha sekuat tenaga mengejar orang yang kita cintai, tapi kita harus bertawakal dan menyerahkan hasilnya kepada Allah. Jangan sampai kita berpikir seolah kita yang berhak menentukan hasil.

Jodoh kita mungkin yang sekarang kita cintai, tapi itu tak jadi jadimnan kalau dia akan melanjutkan hidup denganmu. Namu yakinlah apa yang Allah berikan untuk kita, itulah jodoh yang terbaik untuk kita.

Jadi cukup ucapkan doa seperti ini, “Ya Allah, berikanlah kepadaku pasangan yang terbaik bagiku, terbaik untuk dunia dan akhiratku.”

Lalu pasrahkanlah hasilnya kepada Yang Maha Kuasa. Meskipun apa yang kaita harapkan bertentangan dengan kenyataan, setidaknya kita tidak akan merasakan sakit hati yang amat mendalam. Dan kita tetap yakin bahwa Allah akan memberikan jodoh yang terbaik.

loading...
Loading...
Loading...