in

Kesabaran Memang Tidak Akan Memberimu Kemenangan, Tapi Akan Memberimu Kekuatan Untuk Menghadapi Cobaan

Sabar menghadapi cobaan

Apa yang kamu ketahui tentang kesabaran dan untuk apa kita sabar? Kenapa Allah dan Rasul-Nya mewajibkan kita untuk bersabar di setiap menghadapi cobaan? Kita semua sudah tahu apa itu sabar dan memang sabar itu mudah sekali diucapkan tapi sulit sekali dilaksanakannya.

Sebelum mengetahui makna sabar yang sesungguhnya, mari kita simak filosofi berikut ini yang akan menjelaskan tentang makna sabar secara detail.

“Payung memang tidak akan menghentikan hujan, tapi dengan payung kita mampu berdiri di dalam hujan tanpa kebasahan. Begitupun dengan kesabaran. Kesabaran memang tidak akan memberimu kemenangan, tapi dengan sabar kamu akan diberi kekuatan untuk berdiri di atas berbagai macam cobaan.”

Payung memang diperlukan saat hujan, tapi fungsi payung bukan untuk menghentikan hujan. Kita menggunakan payung agar kita bisa berdiri di bawah hujan tanpa kebasahan. Soal kapan berhentinya hujan, itu urusan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: Kesabaran Adalah Kekuatan Untuk Menjaga Mimpi Agar Tetap Hidup

Begitupun dengan kesabaran, sabar sangat diperlukan ketika kita menghadapi cobaan. Fungsi sabar bukan untuk menghilangkan cobaan itu dalam sekejap, tapi agar kita mampu bertahan saat menghadapi cobaan tersebut. Soal kapan ujian itu selesai, serahkan kepada Yang Maha Berhak.

Kesabaran memang tidak akan langsung memberimu kemenangan, tapi kesabaran akan memberimu kekuatan untuk menghadapi berbagai macam cobaan. Pada akhirnya kamu akan meraih kemenangan.

Ketika ada orang yang menghinamu, memfitnahmu dan menyalahkanmu, kamu sabar. Sabar tidak akan langsung membuat orang itu berubah pikiran, tapi itu akan membuat hati kamu tetap tenang dan jauh dari rasa dendam. Kamu pun akan tetap berprilaku baik kepada orang yang menghinamu, hingga akhirnya orang itu malu dan kemudian dia tidak berani lagi mengulangi perbuatannya.

Ketika kamu mengalami kesulitan ekonomi, kamu sabar. Sabar tidak akan mendatangkan uang tiba-tiba di hadapanmu, tapi sabar akan memberikanmu ketenangan hingga akhirnya kamu tetap mampu berpikir jernih. Dengan berpikir jernih dan positif, rezeki akan bertadangan kepadamu tanpa diduga-duga.

Baca Juga: Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Allah Memberikan Cobaan Kepada Kita

Kesabaran memang tidak akan langsung memberimu kemenangan. Semuanya butuh proses, tapi yakinlah bahwa dengan sabar pada akhirnya akan berujung pada kemenangan.

Segala sesuatu yang menimpa kita, baik itu manis atau pahit, semuanya itu atas kehendak Allah. Kita harus menerimanya dengan lapang dada dan teruslah melangkah. Di sinilah fungsi kesabaran agar kita tetap melangkah dan tidak berputus asa. Sebab berputus asa itu mendekati kekufuran.

Payung akan membuatmu tetap kering meski berjalan di bawah hujan, sabar pun akan membuat hati kamu tetap tenang meski berjalan melalui cobaan. Kamu memerlukan tempat berteduh ketika hujan, kamu pun memerlukan tempat berteduh ketika ditimpa cobaan.

Tidak ada yang tahu kapan hujan datang dan kapan hujan berhenti, begitupun dengan cobaan, tidak ada yang tahu kapan cobaan datang dan kapan cobaan berhenti. Tugas kita hanyalah berikhtiar, cari cara agar kita tidak kebasahan saat hujan, cari cara agar kita tetap tenang dan tetap melangkah saat mendapatkan masalah.

Perkuatlah kesabaranmu, maka kamu akan semakin kuat untuk menghadapi berbagai macam cobaan. Ingatlah cobaan tidak akan pernah berhenti dan akan terus berganti wajah selama kamu hidup di dunia ini.

Loading...