Mozaik

Jawaban Allah Untuk Semua Keluh Kesah yang Kita Alami

Jawaban Allah Untuk Semua Keluh Kesah yang Kita Alami

Setiap orang punya permasalahannya masing-masing dengan wajah yang berbeda-beda. Sebab selama kita hidup di dunia ini, kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya masalah. Hanya saja yang jadi pertanyaan untuk diri kita sendiri, bagaimana caranya kita tetap bersyukur dan istiqomah di jalan yang benar meski sedang banyak keluh kesah.

Sebenarnya Allah sudah memberikan jawaban untuk semua keluh kesah kita, hanya saja kita terlalu buta untuk menyadarinya. Jawabannya sangat simpel dan menurut logika mudah dilakukan, meskipun kenyataannya benar-benar sulit.

Bagi yang sedang diterpa permasalahan, gelisah, putus asa, kalian jangan bersedih, sebab Allah sudah berikan jawaban untuk semua keluh kesah yang kamu alami.

Baca Juga: Menangislah Dalam Sujudmu Karena Allah Tidak Akan Kehabisan Cara Untuk Menghapus Kesedihanmu

1. Saat Lelah

“Dan Kami jadikan tidurmu sebagai istirahat.” (QS. An-Naba: 9).

Seharian bekerja, tubuh ini terasa lelah dan letih, tidur akan membuat tenagamu pulih kembali. Bayangkan jika Allah tidak memberikan rasa kantuk pada dirimu.

2. Saat Ragu

“Jika Aku menghendaki, cukup Aku berkata jadi, maka jadilan.” (QS. At-Taubah: 40).

Jangan pernah ragu terhadap doa-doamu dan harapanmu karena apapun itu, di depan Allah tidak ada yang mustahil. Tidak ada alasan lagi bagi kita untuk ragu-ragu pada Allah.

3. Saat Menyesal

“Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarah sekalipun, niscaya ia akan mendapat balasannya.” (QS. Al-Zalzalah: 7).

Jangan pernah menyesal atas semua kebaikan yang pernah kamu lakukan meskipun tidak dihargai orang lain. Ikhlaslah dalam setiap bertindak hanya semata-mata untuk mendapatkan keridhoan Allah. Tidak akan ada kata menyesal kalau niatnya karena Allah semata.

Baca Juga: Ayat Al-Quran Untuk Menenangkan Hati yang Sedih, Tertekan dan Putus Asa

4. Saat Bersedih

“Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS. At-Taubah: 40).

Jangan bersedih jika permasalahan bertubi-tubi menyerangmu, jangan gundah kamu tidak bisa melewatinya, jika kamu menganggap Allah selalu bersama kita, kamu pasti bisa melalui semua itu dengan lapang dada.

5. Saat Gelisah

“Hanya dengan mengingat Allah, hati jadi tentram.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Gelisah memikirkan sesuatu hanya akan membuat hatimu resah. Perbanyaklah mengingat Allah karena hanya dengan mengingat Allah, maka hati akan tentram.

6. Saat Merasa Putus Asa

“Aku tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286).

Jangan putus asa dengan semua permasalahanmu, ingatlah Allah memberikanmu permasalahan itu karena Allah tahu kamu bisa melaluinya. Allah tidak pernah membebani seseorang diluar kemampuannya.

To Top