in

Jangan Takut Doa Tidak Dikabulkan, Tapi Takutlah Kalau Kita Berhenti Berdoa

Jangan Takut Doa Tidak Dikabulkan, Tapi Takutlah Kalau Kita Berhenti Berdoa 1

Setiap orang pasti ingin doanya dikabulkan. Namun kadang tak semua doa akan dikabulkan begitu saja. Bisa jadi Allah menunda terkabulnya doa atau bisa pula Allah mengabulkan doa kita dengan cara yang lain, yang tentunya terbaik buat kita.

Ketahuilah bahwa Allah itu sangat menyukai hamba-hambaNya yang selalu berdoa. Berdoa adalah bukti bahwa kita butuh pada Allah dan bukti bahwa kita adalah makhluk yang lemah yang tidak bisa melakukan apa-apa jika tidak diberikan kemampuan oleh Yang Maha Kuasa.

Dalam kata lain, orang yang tidak pernah atau jarang berdoa adalah orang yang sombong karena mereka tidak butuh Allah. Mereka merasa bisa melakukan apa saja yang ia mau, mereka merasa bahwa apa yang sudah didapatkannya bukan berasal dari Allah.

Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim jangan sungkan untuk berdoa kepada Allah. Jangan malu untuk mengadukan keluh kesah kita kepada Allah karena Allah sangat menyukai orang yang bersedih, lalu dia berdoa memohon-mohon kepada Allah.

Namun kadang, kita suka bertanya-tanya kenapa doa kita tak kunjung dikabulkan. Padahal berbagai macam ikhtiar sudah kita kerahkan. Sehingga munculah perasaan putus asa hingga akhirnya kita berhenti berdoa.

Jangan khawatirkan soal doa dikabulkan atau tidaknya, tapi khawatirlah jika kita pada saat itu pula berhenti berdoa. Ketika kita berhenti berdoa hanya karena doa kita sebelumnya tidak dikabulkan, itu berarti kita merasa sudah tidak butuh lagi dengan Allah.

Umar bin Khattab takut kalau dirinya berhenti berdoa.

Jangan Takut Doa Tidak Dikabulkan, Tapi Takutlah Kalau Kita Berhenti Berdoa 2

Umar bin Khattab pernah berkata, “Aku tidak pernah mengkhawatirkan apakah doaku akan dikabulkan atau tidak, tapi yang lebih aku khawatirkan adalah aku tidak diberi hidayah untuk terus berdoa.”

Dengarlah, Umar bin Khattab tidak pernah mempermasalahkan soal doa dikabulkan atau tidaknya. Tapi Umar takut jika dia tidak diberi hidayah lagi oleh Allah sehingga dia berhenti berdoa lagi.

Maka dari itu, jika seandainya doa kita tak kunjung dikabulkan, teruslah berdoa dan teruslah ikhtiar. Barangkali Allah sedang menguji kesabaran dan ketaatan kita dengan menunda doa dikabulkan.

Mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik untuk kita. Atau bisa jadi kita masih banyak dosa yang jadi penyebab doa kita tak kunjung dikabulkan. Meskipun doa kita tidak dikabulkan di dunia, Allah pasti mengabulkannya di akhirat kelak.

Utamakanlah berdoa meminta kebaikan di akhirat, seperti berdoa ingin diampuni semua dosa-dosa kita, ingin mendapat ridho-Nya dan ingin meninggal dalam keadaan membawa Islam dan iman. Baru setelah itu, kita bisa berdoa meminta urusan dunia yang bisa menopang bekal ibadah kita di dunia.

Loading...
Loading...