in

Jangan Kesal, Ini Penyebab Doa Kamu Tak Kunjung Dikabulkan

Doa itu bagaikan otak ibadah. Bayangkan saja jika kita hidup tanpa otak, begitupun dalam beribadah, tanpa berdoa, semuanya akan percuma saja. Senantiasalah berdoa kepada Allah, karena semakin banyak meminta, maka Allah semakin senang. Asalkan saja doa yang kita panjatkan untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Loading...

Namun kebanyakan dari kita suka kesal ketika doa yang kita panjatkan tak kunjung dikabulkan. Jangan kesal dulu, karena kesal yang kita pendam dalam hati secara tidak langsung ditujukan kepada Allah.

Jangan berpikir negatif dulu, tapi cobalah berpikir positif kenapa doa kita tidak dikabulkan. Berikut ini ada beberapa penyebab kenapa doa kamu tak kunjung dikabulkan sampai sekarang.

1. Banyak dosa

Jangan kesal kalau doa kita tak kunjung dikabulkan. Dosa-dosa yang menumpuk dalam diri kita jadi penyebab utama kenapa doa kita tak kunjung dikabulkan. Introspeksilah sebelum berdoa, dan terlebih dahulu panjatkan dulu doa agar diampuni semua dosa-dosa karena kita tak pernah luput dari dosa. Akuilah kalau kita selalu melakukan dosa setiap detik, menit, jam, hari. Jangan langsung berdoa ingin itu, ingin ini tapi kita lupa berdoa agar dosa diampuni.

loading...

Baca Juga: Jangan Mendoakan Orang yang Mati dalam Keadaan Musyrik, Ini Alasannya!

2. Tidak yakin ketika berdoa

Keraguan dalam hati juga bisa jadi penyebab kenapa doa kita tidak dikabulkan. Ada saja sedikit keraguan dalam hati ketika berdoa, waktu dikabulkannya bisa saja terhambat. Berdoalah dengan hati yang tulus dan penuh keyakinan bahwa Allah pasti akan mengabulkan doa-doa kita.

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (H.R. At-Tirmidzi).

3. Allah lebih tahu mana yang terbaik dan yang tidak

Apa yang kita doakan, meskipun itu terlihat baik, tapi belum tentu ke depannya baik buat kita. Allah itu Maha Mengetahui apa yang tidak kita ketahui, termasuk yang terbaik untuk kita dan yang tidak. Contohnya saja kita berdoa agar diberikan kekayaan dan pada kenyataannya tak kunjung diberikan kekayaan.

Allah itu Maha Mengetahui, jika Allah mengabulkan doa kita agar jadi orang kaya, Allah tidak ingin kamu nanti jadi melupakan urusan ibadah dan akhirat karena terlalu sibuk mengurus kekayaan. Ketahuilah, semakin kita kaya, semakin sibuk kita mengurus semua kekayaan tersebut, bukannya semakin nyantai seperti yang kita bayangkan.

Baca Juga: Jika Dimaknai, Dahsyatnya Doa Duduk di Antara Dua Sujud Bisa Menggetarkan Hati

4. Semua doa pasti dikabulkan

Semua doa yang kita panjatkan pasti akan dikabulkan dengan syarat tujuannya untuk kebaikan. Jika pun di dunia ini tidak dikabulkan, Allah pasti akan mengabulkannya kelak di akhirat dengan syarat kita tetap sabar dan tawakal. Berdoalah demi kebaikan dunia dan akhiratmu, jangan berdoa untuk kebaikan dunia saja.

5. Berdoanya tidak berkelanjutan

Baru berdoa satu atau dua kali, kita kadang udah kesal karena tidak dikabulkan, udah gitu kita berhenti saja berdoa. Coba pikirkan saja, meminta sesuatu kepada Allah ingin cepat dikabulkan, tapi dengar suara adzan, sholat suka dinanti-nanti? Kita banyak menuntut pada Allah, tapi kita sendiri tidak taat pada semua aturan Allah?

loading...
Loading...
Loading...