in

Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Doa Tak Kunjung Dikabulkan 1

Berdoa itu bagaikan mengajukan proposal kepada Yang Maha Kuasa. Saat kita membuat proposal tentu banyak persyaratan yang harus kita penuhi agar proposalnya disetujui. Begitupun dengan berdoa kepada Allah.

Nah kalau doa kamu tak kunjung dikabulkan, mungkin masih ada persyaratan yang belum terpenuhi. Oleh karena itu kamu jangan buruk sangka dulu sama Allah, barang kali ada beberapa hal yang membuat doa kamu tak kunjung dikabulkan. Berikut beberapa penyabab doa tak kunjung dikabulkan.

Baca Juga: 6 Rahasia Dikabulkannya Doa yang Jarang Diketahui

1. Ketika berdoa hati lalai kepada Allah

Kebanyakan dari kita kalau berdoa hati malah fokus pada sesuatu yang kita inginkan, sementara mengingat Allah hanya sedikit. Padahal seharusnya kamu memfokuskan hati hanya kepada Allah, jangan memfokuskan hati pada sesuatu yang kamu inginkan. Panjatkan doa dengan banyak mengingat Allah.

2. Tergesa-gesa ketika berdoa

Saat berdoa, jangan tergesa-gesa, pertama-tama tenangkan hati dulu dengan banyak mengingat Allah. Lalu panjatkan doa dengan perkataan hati yang tenang, kalem dan sopan. Ingat berdoa itu harus pakai tatak rama karena kamu sedang menghadap Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: 3 Doa yang Jangan Kau Lupakan Dalam Sujud

3. Hati masih kotor oleh dosa-dosa

Merasa doa tak kunjung dikabulkan, mungkin kamu masih banyak dosa. Maka dari itu utamakan berdoa memohon ampunan pada Allah SWT setiap waktu. Jangan selalu mengedepankan berdoa meminta urusan dunia, tapi berdoalah agar dosa-dosa kita diampuni dan semoga kita diberikan keistiqomahan.

4. Kurang ikhtiar

Doa harus selalu dibarengi ikhtiar dan ikhtiar harus selalu dibarengi doa. Dua hal ini tidak bisa dilepaskan. Jika doa kamu belum dikabulkan, lihatlah ikhtiar kamu, mungkin ikhtiarnya masih kurang. Yang terpenting itu terus berikhtiar dan teruslah berdoa. Jangan sampai berhenti berdoa dan berikhtiar hanya karena keinginanmu tak kunjung diwujudkan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa menghambat dikabulkannya doa kamu.

Loading...