in

Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Allah Memberikan Cobaan Kepada Kita

Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Allah Memberikan Cobaan Kepada Kita 1

Sepanjang kita hidup di dunia ini, cobaan akan terus silih berganti. Oleh karena itu kita jangan merasa heran, apalagi berburuk sangka kepada Allah ketika diberikan cobaan yang terasa berat, seperti usaha tidak lancar, sulit mencari uang, diberikan penyakit, banyak masalah dan sebagainya.

Ketahuilah ada alasan kenapa Allah memberikan cobaan kepada kita. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan bisa menerima cobaan yang sedang menimpa kita saat ini setelah mengetahui alasannya.

1. Allah ingin menguji iman kita

Jangan ngaku dulu orang beriman sebelum Allah menguji kita. Sebab orang yang beriman dan bertaqwa pasti akan diuji oleh Allah.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS: Al-Ankabut, ayat 2-3).

Baca Juga: Sudah Beriman, Tapi Kenapa Cobaan Semakin Berat?

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS: Al-Baqarah, ayat 214).

2. Allah ingin meninggikan derajat kita

Selain untuk menguji kadar iman kita, cobaan hidup Allah berikan kepada kita untuk meningkatkan derajat kita di depan Allah. Semakin berat cobaan yang diberikan, semakin tinggi pula derajat kita di depan Allah jika kita bisa sabar dan tawakal.

Para nabi adalah contohnya, derajat mereka sangat tinggi di depan Allah sebab mereka berhasil melalui ujian yang sangat berat. Cobaan berat tidak membuat tingkat iman mereka lemah, malah tingkat iman mereka semakin meningkat.

Baca Juga: Cobaan Berat yang Wujudnya Manis, Banyak yang Gagal Melaluinya

3. Untuk menghapus dosa-dosa kita

Bersyukurlah jika kita diberikan cobaan, sebab Allah masih menyayangi kita. Dengan diberikan berbagai macam cobaan, dosa-dosa kita akan berguguran seperti daun yang berjatuhan dari pohonnya. Tapi dengan syarat kita ikhlas menerima cobaan itu dan tetap beriman kepada Allah.

4. Allah tidak ingin kita berpaling dari-Nya

Kebanyakan orang suka berpaling dari Allah ketika diberikan kesenangan dunia, seperti dilancarkan usahanya, tidak ada permasalahan dan hidup dipenuhi dengan kesenangan dan kemewahan.

Namun ketika diberikan cobaan, kebanyakan orang suka mendadak berpaling kepada Allah karena mereka sadar hanya Allah yang bisa menolongnya. Jadi dapat disimpulkan, kalau kita diberikan cobaan yang tiada henti, Allah tidak ingin kita berpaling dari-Nya. Ketahuilah kalau semua cobaan kita pasti akan berbuah manis.

Loading...
Loading...