in

Ini Rata-Rata Umur Manusia Menurut Nabi Muhammad SAW

Ini Rata-Rata Umur Manusia Menurut Nabi Muhammad SAW

Kita hidup di dunia ini sebenarnya tidaklah lama, sangat jarang ada orang di zaman sekarang yang umurnya mencapai seratus tahun. Berbagai macam faktor seperti gen, makanan, kondisi lingkungan dan pola hidup membuat umur rata-rata manusia semakin lama semakin pendek.

Nabi Muhammad SAW saja meninggal di usia 63 tahun. Dan jika kita berpatokan pada umur Rasulullah, berapa sisa umur Anda di dunia? Jika dipikirkan lagi, kita hidup di dunia ini benar-benar sangat sebentar tapi kenapa kebanyakan orang merasa hidupnya akan bahagia dan lalai dalam mempersiapkan bekal untuk di akhirat nanti.

Menurut Rasulullah, rata-rata umur manusia hanya mencapai 60 sampai 70 tahunan, sangat jarang ada orang yang umurnya di atas 70 tahunan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Umur umatku antara 60 sampai 70 tahunan. Dan sangat sedikit di antara mereka yang melewati itu.” (HR Ibnu Majah, no 4.236)

Baca Juga: Berapa Lama Manusia Hidup di Dunia Menurut Waktu Akhirat?

Satu hal yang pasti dari ucapan Nabi Muhammad SAW yaitu dapat dipastikan kebenarannya dan tidak akan mungkin salah.

Faktanya di zaman sekarang kebanyakan orang meninggal di bawah usia 70 tahun. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata harapan hidup orang Indonesia berkisat antara 66-70 tahun.

Renungkanlah betapa singkatnya kita hidup di dunia ini. Yang jadi pertanyaan, sudahkan kita mempersiapkan bekal amal soleh untuk kehidupan abadi nanti di akhirat? Atau kita terlalu berleha-leha mengumpulkan harta di dunia sampai lupa akan kematian?

Kematian itu sesuatu yang pasti akan datang dan setiap makhluk pasti akan mengalaminya. Meskipun kita hidup 1.000 tahun, pada akhirnya kita tetap akan meninggal. Harta yang kita kumpulkan selama ini akan kita tinggalkan.

Loading...
Loading...