in

Ini Orang yang Puasanya Benar-Benar Diterima Oleh Allah

Diterima Oleh Allah

Ibadah puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Lebih dari itu, puasa mengharuskan kita menjaga hawa nafsu dan gerak-gerik tubuh kita dari perbuatan dosa.

Namun kebanyakan umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa hanya sekedar rutinitas saja, jarang yang tahu apa makna puasa sebenarnya, apalagi sampai mempraktikannya dalam kehidupan nyata.

Tak sedikit yang berpuasa tapi masih suka bermaksiat, masih suka ngomongin kejelakan orang, tangan dan kakinya banyak digunakan untuk melakukan sesuatu yang tidak diridhoi Allah. Jika puasa jalan, tapi akhlak awut-awutan, maka puasanya tidak akan diterima oleh Allah.

Lantas siapakah orang yang puasanya bakalan diterima oleh Allah? Berikut penjelasannya menurut kitab Al-Wabil ash-Shayyib.

Diterima Oleh Allah

“Orang yang (benar-benar) berpuasa ialah orang yang anggota tubuhnya turut berpuasa dari perbuatan-perbuatan dosa.”

(Al-Wabil ash-Shayyib, halaman 31-32)

Baca Juga: 5 Golongan Orang yang Rajin Puasa Tapi Tetap Masuk Neraka

Dari keterangan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa puasa itu bukan sekedar menahan lapar dan haus, tapi seluruh anggota tubuh, termasuk hati, harus ikut berpuasa dari perbuatan-perbuatan dosa.

Contohnya saja, mata, kaki dan tangan lainnya jangan suka dipake untuk melakukan sesuatu yang tidak diridhoi Allah. Kemudian jaga mulut jangan suka digunakan untuk membicarakan keburukan orang lain, memfitnah, mencaci maki dan sebagainya.

Dan yang paling utama, jagalah hawa nafsu, jangan sampai puasa kamu sia-sia hanya karena kamu masih banyak menuruti hawa nafsu.

Adanya bulan Ramadhan sebenarnya hanya sekedar latihan agar kita mampu menjaga hati dan seluruh tubuh kita dari perbuatan dosa di bulan-bulan selanjutnya. Jadi kamu jangan mau ibadah, beramal itu pas bulan puasa saja, tapi harus selamanya.

Jika berhasil melakukan semua itu, baru puasa kita akan diterima oleh Allah SWT. Manfaatkanlah bulan penuh ampunan ini untuk menguatkan hati kita dari perbuatan-perbuatan dosa.

Loading...