in

Ini Makna Sebenarnya Mata Batin yang Sering Diselewengkan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, batin memiliki arti sesuatu yang terdapat dalam hati yang bersangkutan dengan jiwa. Sedangkan mata merupakan salah satu panca indra yang berfungsi untuk melihat. Jika seandainya digabungkan, berarti mata batin kurang lebih memiliki arti alat untuk melihat yang terdapat dalam hati.

Namun miris, di masyarakat sekarang istilah mata batin identik dengan hal-hal mistis. Mata batin sering diartikan sebagai alat untuk melihat makhluk-makhluk astral. Makannya ada beberapa ritual untuk membuka mata batin agar bisa melihat hantu, jin dan sebagainya.

Jika dilihat dari sudut pandang Islam, ritual-ritual yang dilakukan untuk membuka mata batin selalu mengandung unsur musyrik. Seperti yang kita ketahui, musyrik merupakan dosa besar yang tak terampuni. Tapi mirisnya, masih banyak umat muslim yang menganggap ritual membuka mata batin merupakan hal yang sah-sah saja.

loading...

Perlu diketahui, mata batin memiliki makna yang jauh lebih dalam. Sesuai pengertian yang sudah disebutkan di atas, mata batin bisa disebut juga dengan mata hati.

Baca Juga: Ramalan Rasulullah Tentang Akhir Zaman yang Jadi Kenyataan Sekarang

Mata batin yang dikenal masyarakat sekarang lebih menjurus ke mata panca indra kita. Oleh sebab itu ada istilah membuka mata batin untuk melihat hal-hal gaib.

Padahal sebenarnya, mata hati dan mata yang ada di kepala kita jauh berbeda. Mata batin sebenarnya tidak berkaitan dengan hal-hal mistis yang menyeramkan. Mata batin bukan berfungsi untuk melihat hantu, jin atau setan, melainkan untuk melihat mana kebenaran dan kebatilan.

Terbukanya mata hati kita tergantung dari bersihnya hati kita. Semakin bersih hati kita, maka mata hati kita akan semakin terbuka. Dengan terbukanya mata hati, kita tak akan mengenal kebencian, dendam dan sombong. Justru kita akan mengenal kasih sayang, sabar dan ikhlas

Sebaliknya, orang yang mata hatinya tertutup, dia tidak akan memiliki kebaikan sama sekali dalam dirinya. Hal itu dikarenakan dirinya sendiri yang telah menutup mata hatinya sendiri dengan perbuatan-perbuatan dosa yang besar.

Baca Juga: 4 Dosa Besar Yang Sering Dianggap Remeh

Tidak ada ritual untuk membukakan mati hati kita. Caranya hanya dengan membersihkan hati dari perbuatan-perbuatan dosa. Bagaimana cara membersihkan hati? Senantiasa melaksanakan perintah Allah dengan ikhlas, termasuk yang wajib dan sunah, serta senantiasa memohon ampunan kepada-Nya. Jangan lupa pula bersihkan hati kita dari berbagai macam penyakit hati, seperti sombong, iri, pelit, ujub dan terlalu mencintai dunia ini.

Apakah sekarang sudah jelas makna mata batin yang sebenarnya? Mata batin bukan untuk melihat hal-hal gaib yang identik dengan kemusyrikan, melainkan untuk melihat kebaikan dan menghindari segala macam perbuatan dosa. Semakin terbuka mata hati kita, semakin jelas mana yang benar dan mana yang salah.

Orang yang hatinya bersih hanya akan selalu bergantung dan hanya mencari perlindungan kepada Allah, bukan pada jimat, ajian dan sebagainya.

loading...
loading...
Loading...
Loading...