in

Ini Ayat Al-Quran yang Menjelaskan Kalau Sedekah Bisa Membuatmu Kaya

Ini Ayat Al-Quran yang Menjelaskan Kalau Sedekah Bisa Membuatmu Kaya 1

Sedekah itu tidak akan membuatmu jatuh miskin. Buktinya saja tidak ada seorangpun yang jatuh miskin karena banyak memberi kepada orang lain. Dalam Islam, sedekah adalah pangkal kaya.

Namun kenyataannya, kita selalu berat untuk memberikan sebagian rezeki kita kepada orang yang membutuhkan. Sedekah dianggap bisa mengurangi harta kita, takutnya nanti kita tidak bisa memenuhi kebutuhan kalau bersedekah.

“Bagaimana mau bersedekah, untuk biaya hidup sendiri aja udah susah begini.”

Wajar jika ada anggapan seperti itu, tapi perlu diingat, sedekah tidak dilihat dari berapa besar nominalnya, melainkan berapa besar keikhlasannya sesuai kemampuan kita.

Sedekah tidak akan membuatmu jatuh miskin, justru sedekah bisa melipatgandakan rezeki kamu. Ini bukan mitos atau angan-angan belaka, tapi sudah tertera dalam Al-Quran.

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

Maksud dari ayat tersebut intinya adalah jika kita mengeluarkan sebagian rezeki sesuai kemampuan kita di jalan Allah, semata-mata hanya karena Allah, pasti Allah akan melipatgandakan rezeki kita.

Kata meminjamkan dalam ayat tersebut bukan berarti Allah butuh pinjaman, Allah sama sekali tidak membutuhkan pertolongan dari makhluknya karena Allah itu Maha Kaya. Meminjamkan di sini berarti mengeluarkan sebagian rezeki di jalan Allah sebagai bukti ketaatan kita kepada Allah.

Jadi jika hidup kamu merasa kurang dan kurang meski penghasilan sudah besar, rezeki terasa sulit dicari, mungkin saja kamu kurang banyak memberi atau sedekah kamu tidak sesuai dengan takaran semestinya.

Oleh karena itu, janganlah kamu takut bersedekah karena sifat kikir itu sangat dibenci Allah. Jika kamu kikir, Allah akan menyempitkan rezeki kamu dan ketenangan dalam hati kamu, tapi jika kamu rajin bersedekah, Allah akan melapangkan rezeki kamu dan utamanya akan memberikan ketenangan ke dalam hati kamu.

Ingat tidak ada istilah orang jatuh miskin karena banyak memberi! Kalau tidak percaya, silahkan buktikan sendiri kebenaran Al-Quran.

Loading...
Loading...