in

Ini Alasan Kuat Mengapa Haram Hukumnya Merayakan Valentine

Ini Alasan Kuat Mengapa Haram Hukumnya Merayakan Valentine

Tanggal 14 Februari biasa diperingati sebagai Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. Biasanya remaja yang sedang dimabuk cinta suka merayakan Valentine sebagai bukti tanda cinta terhadap pasangan. Lalu, sebagai seorang Muslim, apa hukumnya merayakan Valentine?

Seperti yang diketahui, banyak orang Indonesia yang notabene beragama Islam suka merayakan Valentine. Karena sudah terbiasa, kebanyakan orang menganggap sah-sah saja merayakan tradisi orang Barat ini karena tidak menyalahi aturan Islam.

Namun ada beberapa alasan kuat kenapa merayakan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine hukum haramnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya yang berhasil Wow Menariknya himpun dari berbagai sumber.

loading...

1. Valentine adalah hari perayaan orang non-Muslim

Sudah tidak terbantahkan lagi kalau Hari Valentine merupakan perayaan orang-orang Romawi. Valentine berasal dari upacara keagamaan Romawi Kuno yang penuh dengan kesyirikan. Kemudian perayaan ini diubah jadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day atas inisiatif Paus Gelasius I.

Hari Valentine juga dianggap sebagai hari penghormatan kepada tokoh Nasrani yang dianggap sebagai pejuang cinta.

Baca Juga: 5 Fakta Penting Tentang Kota Yerusalem

Jika kamu sebagai seorang muslim tapi tetap merayakan Valentine, itu berarti kamu secara tidak sadar sudah menerima tradisi orang non-Muslim.

2. Merayakan Valentine sama dengan meniru orang kafir

Menyerupai orang-orang kafir adalah sesuatu yang terlarang dalam syariat dan terdapat hadis yang sahih tentang larangan tersebut.

“Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Dari hadis tersebut, sudah jelas kalau orang Muslim yang suka meniru orang kafir termasuk ikut merayakan perayaan-perayaan orang kafir, maka ia termasuk golongan tersebut.

3. Hari Valentine bisa menjerumuskan ke dalam perbuatan maksiat

Hari Valentine zaman sekarang identik dengan pergaulan bebas muda-mudi. Tak menutup kemungkinan kalau perayaan ini bisa menjerumuskan seseorang dalam perbuatan maksiat, termasuk melakukan zina. Alasannya karena ini adalah Hari Kasih Sayang, jadi sah-sah saja melakukan hal tak senonoh.

Sebenarnya masih banyak alasan lain kenapa Hari Valentine dianggap haram dalam agama Islam. Tapi alasan di atas sudah cukup kuat untuk membuktikan bahwa merayakan Valentine haram hukumnya.

Sayangnya banyak umat Islam yang tidak menyadari akan hal ini dan menganggap sah-sah saja dengan dalih sekedar hiburan. Renungkanlah dengan hati dan iman, bukan dengan akal dan hawa nafsu.

loading...
loading...
Loading...
Loading...