in

Ingat Yah, Hari Raya Itu Bukan Hari Riya!

Hari raya bukan hari riya

Seluruh umat Muslim di dunia pasti sedang bersuka cinta menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Ini adalah hari kemenangan umat Islam setelah sebulan penuh melawan hawa nafsu di bulan suci Ramadhan.

Namun perlu diingat, Idul Fitri itu adalah hari raya bukan hari riya. Idul Fitri adalah hari di mana kita harus semakin meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah, bukan hari untuk memamerkan kekayaan dan kecantikan kepada tetangga.

Setiap Idul Fitri, kebanyakan orang pasti akan mengenakan pakaian barunya, sandal barunya, motor atau mobil barunya. Perempuan akan dandan semaksimal mungkin agar tampil lebih cantik lagi ketika menerima tamu.

Sah-sah saja pake pakaian baru karena kita juga perlu berpenampilan sopan. Sah-sah juga berdandan karena kita gak boleh malu-maluin suami dan keluarga. Namun yang jadi pertanyaan, adakah perasaan riya dalam diri kita ketika mengenakannya?

Baca Juga: Dunia Itu Seperti Buka Puasa, Ingin Semuanya Dimiliki, Tapi Hanya Sedikit yang Bisa Dinikmati

Itu hanya kamu dan Allah yang tahu. Namun jika ada saja sedikit perasaan riya, rasa ingin dipuji orang lain, entah itu karena penampilanmu atau barang-barang barumu, itu sama saja kamu terag-terangan menyombongkan diri di depan Allah.

Di hari Idul Fitri ini kita seharusnya bisa semakin menjaga hati dari hal-hal yang tidak baik, termasuk dari sifat riya, dengki dan penyakit hati lainnya.

Seharusnya hati kita kembali fitri atau fitrah, bersih dari dosa-dosa seperti ketika dilahirkan dulu. Jangan sampai hatii dikotori lagi setelah susah payah memerangi hawa nafsu hanya karena hal sepele.

Ingat, berdandanlah sewajarnya, pakailah pakaian sewajarnya yang penting sopan. Jangan sampai di hari Idul Fitri ini, kamu berjalan ke luar rumah dengan penuh kesombongan.

Loading...
Loading...