in

Ingat Kalimat Ini Kalau Kamu Ingin Shalat Khusyu

Kewajiban seorang muslim yang tidak boleh ditinggalkan sekalipun adalah shalat lima waktu. Praktika shalatnya sederhana, tidak memakan banyak tenaga dan tidak menghabiskan waktu lama. Tapi kita sendiri tahu betapa beratnya melaksanakan shalat lima waktu.

Melaksanakan shalatnya saja sudah sebegitu beratnya, apalagi khusyu dalam shalat. Seperti yang kita rasakan sendiri, hati kita suka jalan-jalan selama shalat, jalan-jalan ingat hutang, ingat masalah, ingat pacar dan permasalahan lainnya, sementara itu hanya sedikit saja mengingat Allah dalam shalat.

Padahal hanya shalat khusyu yang akan diterima oleh Allah. Sedangkan jika shalatnya banyak melamun, sedikit mengingat Allah tapi banyak mengingat masalah, mungkin saja shalatnya tidak akan diterima oleh Allah

Sedangkan, orang yang bisa merasakan ketenangan dalam shalat yaitu mereka yang khusyu dalam shalatnya.

“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyu dalam shalatnya.” (QS: Al-Mu’minum: 1-2).

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Sulit Khusyu Dalam Shalat

Memang untuk khusyu dalam shalat itu bukanlah hal mudah. Karena kita harus melawan hawa nafsu dan setan yang tak henti-henti menggoda kita, bahkan dalam shalat sekalipun.

Salah satu penyebab kenapa kita sulit sekali khusyu dalam shalat, yaitu karena kita terlalu sibuk dalam urusan dunia. Kita khawatir urusan dunia meninggalkan kita, sementara urusan akhirat jarang kita pikirkan.

Tak heran jika selama shalat kita malah banyak mengingat urusan dunia, bukan mengingat Allah. Karena itulah shalat kita jadi tidak khusyu dan kesannya terburu-buru dalam mendirikan shalat.

Lantas ikhtiar apa yang bisa kita lakukan agar shalatnya mendekati khusyu?

Jika kita ingin khusyu dalam shalat, anggaplah bahwa ini adalah terakhir kita shalat, bahwa ini adalah shalat Dzuhur terkahir kita atau shalar Ashar terakhir kita. Anggaplah shalat ini merupakan yang terakhir, seolah kita akan meninggalkan dunia ini esok hari.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang yang Melakukan Dosa dalam Shalatnya

Coba bayangkan saja, apa yang akan kamu lakukan jika seandainya Allah memberitahumu bahwa besok kamu akan mati? Niscaya kamu akan melupakan segala urusan dunia dan fokus pada ibadah karena kamu takut mati tanpa membawa amal.

Dengan menganggap bahwa ini adalah shalat yang terakhir, setidaknya hal itu bisa sedikit melunakan hati kita yang keras. Dengan lunaknya hati, kita akan lebih khusyu lagi dalam shalat.

Jadi kesimpulannya, kita sulit khusyu dalam shalat disebabkan karena kita terlalu mencintai dunia ini dan lupa bahwa kita akan meninggal dan menghadap Allah kelak di akhirat.

loading...
Loading...
Loading...