Mozaik

Ingat 3 Perkara Ini Saat Kamu Sedang Kesulitan, Nanti Allah Akan Tunjukkan Jalan Keluarnya

Jangan Lupakan 3 Perkara Ini Saat Kamu Sedang Kesulitan, Nanti Allah Akan Tunjukkan Jalan Keluarnya

Roda kehidupan akan terus berputar sepanjang kita hidup di dunia ini. Yang bahagia tidak akan selamanya bahagia, yang susah tidak akan selamanya susah. Kebahagiaan dan kesedihan akan terus silih berganti seperti siang dan malam. Namun yang jadi pertanyaan bagaimana caranya agar kita tetap bisa beribadah dengan penuh keikhlasan saat senang maupun susah.

Ketika ditimpa kesulitan, kadang kita suka berburuk sangka kepada Allah, kita jadi banyak mengeluh dan semangat hidup pun jadi redup. Wajar saja kita sedih dan lelah saat ditimpa kesulitan karena kita tetap manusiawi. Bagaimanapun kondisinya, kita harus tetap sabar dan tawakal saat sedang diberikan cobaan.

Jika kita mampu bersabar dan tawakal dalam keadaan sulit, Allah pasti akan menunjukkan jalan keluar dari segala kesulitanmu. Allah pasti akan menggantinya dengan kebahagiaan. Ketika kamu sedang ditimpa kesulitan, ingatlah tiga perkara ini agar hati kamu tetap tenang.

1. Tetap sedekah walau rezeki sedang sempit

Bersedekah saat rezeki sedang banyak bisa dibilang enteng, tapi bisakah kita bersedekah dikala rezeki sedang sempit? Pasti rasanya berat sekali mengeluarkan rezeki saat kita sendiri sedang susah.

Walaupun berat, tetaplah bersedekahlah semampu kita. Sebab ini adalah bukti rasa syukur kita kepada Allah atas rezeki yang sudah kita dapati. Ketika kamu bersedekah di kala sempit, Allah pasti akan meningkatkan kembali rezekimu.

Baca Juga: Jangan Buruk Sangka Dulu, Ini 4 Penyebab Allah Memberikan Cobaan Kepada Kita

2. Senyum walaupun sedang sedih

Hidup itu ada kalanya bahagia, ada kalanya sedih. Kendati demikian, tetaplah tunjukan senyuman di depan orang lain meskipun hati kamu sedang sedih. Senyuman adalah bukti kalau kamu tetap semangat menjalani kehidupan ini meskipun posisi kamu sedang sedih.

Jika kamu mampu tersenyum di kala sedih, yakinlah Allah punya rencana yang terbaik untukmu. Ini akan jadi momen indah pada waktunya.

3. Selalu berprasangka baik kepada Allah walau sedang kesulitan

Ketika kita diberikan cobaan, kita kadang suka berprasangka buruk sama Allah. “Aku rajin ibadah, tapi kok Allah malah memberikanku masalah?” “Aku selalu berdoa kebaikan, tapi kok malah kesedihan yang aku dapatkan?”

Jangan pernah menyesali apa yang menimpa kita meskipun itu pahit untuk diterima. Yakinlah kalau Allah itu tahu mana yang terbaik untukmu. Meskipun pada awalnya pahit, Allah pasti akan menemukanmu dengan kebahagiaan pada akhirnya. Kita hanya perlu sabar dan ikhlas menerima segala ketentuan dari Allah.

You May Like

To Top