Mozaik

Hukum Nonton Film Horor Menurut Islam, Anda Nilai Sendiri!

Hukum Nonton Film Horor Menurut Islam, Anda Nilai Sendiri!

Film horor itu sangat menyeramkan dan menegangkan, tapi entah kenapa banyak sekali yang suka nonton film horor. Mungkin saja film horor punya sensasi sendiri yang bisa membuat para penontonya ketagihan.

Jika dilihat dari sudut pandang Islam, bagaimana hukum nonton film horor? Memang tidak ada ayat atau hadist yang melarang kita nonton film karena jaman Nabi dulu belum ada film. Meskipun demikian, ada banyak keterangan dalam Al-Quran dan hadist yang bisa dijadkan patokan untuk memutuskan sesuatu.

Termasuk soal hukum nonton film horor. Dalam artikel ini, saya tidak akan melarang atau menganjurkan Anda nonton film horor, tapi silahkan Anda nilai sendiri. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Bisa merusak akidah

Film horor ceritanya banyak yang bertentangan dengan akidah Islam, seperti pesugihan, santet, perdukunan dan masih banyak lagi kemusyrikan yang ditayangkan dalam film-film horor. Takutnya, apa yang ditayangkan film horor bisa menggoyahkan akidah kita.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS. Al-Isra: 36).

Baca Juga: Wajib Baca! Ini Hukum Menikung Pasangan Orang Lain

2. Banyak kedustaan

Film horor banyak menayangkan adegan yang jauh dari kenyataan dan realita. Bahayanya kedustaan itu malah membuatmu percaya dan meyakininya.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At-Taubah: 119).

3. Mengajarkan penonton untuk melakukan kesyirikan

Secara tidak langsung dan tidak disadari, beberapa adegan film horor ada yang mengajarkan kita untuk melakukan kesyirikan. Misalnya saja mengundang setan, meminta bantuan jin, pesugihan dan lainnya.

Padahal dalam Islam kesyirikan itu sudah jelas merupakan dosa besar dan tidak terampuni.

4. Menyebabkan seseorang menjadi penakut

Karena dalam film horor banyak adegan hantu yang menyeramkan, tak jarang setelah menontonnya kita jadi penakut. Mau ke WC mengambil wudhu pas malam saja jadi takut, alhasil memilih tidak sholat saja.

Jika rasa takutmu pada hantu lebih besar dari pada rasa takutmu terhadap Allah, kamu bisa terjerumus dalam kesyirikan.

“Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menak-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang beriman.” (QS: Ali ‘Imran: 175).

Setelah memahami penjelasan di atas, silahkan Anda tentukan sendiri mana yang terbaik untuk akidahmu dan mana yang tidak. Jika akidah Anda terancam, sebaiknya tinggalkan, tapi jika Anda merasa sudah kuat, silahkan saja. Tapi ingat, jangan remehkan hal-hal sepele!

You May Like

To Top