Mozaik

Hati yang Tenang Adalah Kunci Utama Tubuh Sehat dan Kuat

Hati yang Tenang Adalah Kunci Utama Tubuh Sehat dan Kuat

Sejak corona mewabah, kita semua khawatir tentang kesehatan tubuh. Berbagai macam cara dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak tertular corona, mulai dari banyak mengkonsumsi makanan sehat, suplemen vitamin dan menjaga jarak atau social distancing.

Ya, menjaga asupan makanan, vitamin dan sebagainya memang dipercaya ampuh membuat tubuh semakin sehat. Tapi ada yang lebih penting dari semua itu yang jadi penopang utama kesehatan tubuh.

Bukan makanan, vitamin atau rajin olahraga, tapi hati yang tenang. Hati yang tenang dan bahagia bisa membuat tubuh semakin sehat dan kuat. Kenapa bisa demikian?

Awal-awal penyakit sebenarnya disebabkan dari pikiran. Semakin berat beban pikiran, semakin tinggi kinerja tubuh. Sehingga tubuh harus bekerja ekstra dari normalnya. Ketika tubuh bekerja terlalu keras, sistem imun pun akan mulai menurun dan penyakit akan mulai masuk.

Contohnya saja depresi, depresi sendiri awal mulanya disebabkan oleh beban pikiran. Depresi memicu gagal jantung karena jantung dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa darah. Ketika kita depresi, tenaga pikiran yang kita keluarkan sangat besar, otomatis jantung harus bekerja lebih esktra.

Selain bisa memicu gagal jantung, depresi bisa melemahkan sistem imun. Ketika sistem imun lemah, penyakit lain pun akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Beban pikiran itu sendiri awal mulanya dari hati nurani kita. Ketika yang ada dalam hati hanya kegelisahan, ketakutan, kesedihan, tubuh pun akan merespon. Akibatnya tubuh mendadak drop, lesu, letih karena sistem imunnya mulai melemah.

Kunci paling utama dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga hati tetap tenang dan bahagia meskipun kenyataannya kita sedang menghadapi banyak masalah.

Sulit sekali menjaga hati agar tetap tenang ketika dihadapkan dengan permasalahan, oleh karena itu Allah memberikan solusi kepada kita semua agar hati tetap tenang dalam kondisi apapun.

Hati yang tenang tidak ada pada tumpukan uang dan barang, hati yang tenang hanya ada dengan mengingat Allah saja dalam hati kita.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Rad: 28).

Cukup hanya dengan mengingat Allah hati akan tenang. Ketika ada permasalahan, ingatlah Allah, yakinlah kalau permasalahan ini adalah ujian dari Allah sekaligus kesempatan untuk membuktikan ketaqwaan kita dan ingatlah Allah pasti akan memberikan jalan kepada mereka yang sabar. Ketentuan Allah itu pada akhirnya selalu indah, selalu ada hikmah di balik segalanya.

Jagalah hatimu dan imbangi dengan gaya hidup sehat, insyaallah tubuh akan selalu sehat dan kuat.

To Top