Mozaik

Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf, Bisa Membuat Wanita Lupa Rasanya Sakit

Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf, Bisa Membuat Wanita Lupa Rasanya Sakit

Nabi Yusuf As adalah nabi yang digambarkan sebagai manusia paling tampan. Menurut keterangan, setengah ketampanan manusia diberikan pada Nabi Yusuf, seperempatnya diberikan kepada Nabi Muhamamd dan seperempat lagi diberikan kepada seluruh manusia.

Tak terbayang bukan seperti apa ketampanan sosok Nabi Yusuf? Dalam beberapa riwayat, wajah ganteng Nabi Yusuf digambarkan bisa membuat wanita lupa rasanya sakit. Wajah Nabi Yusuf juga menjadi penyebab dirinya dipenjara oleh pemerintah Mesir ketika itu.

Meski kita tidak tahu percis seperti apa ketampanan Nabi Yusuf, berikut ini Wow Menariknya menghimpun fakta-fakta yang menggambarkan tampannya Nabi Yusuf.

1. Semua wanita bisa jatuh cinta seketika melihat Nabi Yusuf

Nabi Yusuf memang dianugrahi wajah tampan oleh Allah. Wajahnya itu bisa membuat wanita mana saja terpesona ketika melihatnya. Termasuk wanita cantik di Mesir ketika itu, yakni Zulaikha.

Zulaikha digambarkan sebagai wanita cantik, kaya, dan berwibawa pada masa Nabi Yusuf. Semua pria bermimpi bisa menikahi Zulaikha, namun ia hanya jatuh cinta pada Nabi Yusuf meski ia sudah memiliki suami.

Baca Juga: Kisah Nabi Yusuf Berdoa Ingin Dipenjara daripada Tergoda Wanita Cantik

Bukan hanya jatuh cinta, Zulaikha sangat tergila-gila pada ketampanan Nabi Yusuf. Ia bahkan pernah membujuk Nabi Yusuf untuk melakukan hubungan tak senonoh, akan tetapi Nabi Yusuf dengan tegas menolaknya karena itu adalah perbuatan dosa.

Karena imannya yang kuat, Nabi Yusuf bisa menolak tawaran Zulaikha. Bagi Nabi Yusuf, ketampanan yang dimilikinya adalah cobaan baginya.

2. Ketampanan Nabi Yusuf membuat wanita lupa rasanya sakit

Cerita Zulaikha yang tergila-gila pada Nabi Yusuf sempat tersebar ke seluruh penjuru Mesir dan bahkan jadi bahan gosip miring oleh istri-istri pejabat Mesir lainnya. Kesal dengan hal ini, Zulaikha pun kemudian mengundang para istri pejabat ke kediamannya untuk melihat secara langsung Nabi Yusuf.

Para istri pejabat tersebut kemudian duduk di depan meja yang di atasnya ada buah-buahan dan pisau untuk memotongnya. Mereka pun kemudian memotong buah-buahan tersebut dengan pisau sambil ngobrol dengan yang lainnya.

Lalu Zulaikha menyuruh Nabi Yusuf untuk melewati ruangan tempat para istri pejabat itu berkumpul. Begitu Nabi Yusuf memperlihatkan wajahnya, para istri pejabat itu pun tak bisa berkata apa-apa dan menatap Nabi Yusuf tanpa berkedip.

Terbuai oleh ketampanan Nabi Yusuf, para istri pejabat itu tak sadar sudah mengupas jari tangannya sendiri. Anehnya lagi, mereka tak merasakan sakit ketika mengupas tangannya.

Kisah ini bahkan diceritakan dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 31:

“Tatakala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: ‘Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf: 31).

Begitulah kira-kira gambaran Nabi Yusuf yang diberikan setengah ketampanan oleh Allah. Setampan apapun manusia yang ada di dunia sekarang, jika dibandingkan dengan Nabi Yusuf bagaikan bumi dan langit.

Apalagi yang menciptakan Nabi Yusuf, seberapa indahnya Allah. Subhanallah!

To Top