Mozaik

Gak Sholat Pasti Masuk Neraka, Kalau Sholat Setidaknya Ada Peluang Masuk Surga

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Sholat lima waktu adalah pondasi agama, tanpa sholat maka segala macam amal kebaikan yang dilakukan tidak akan ada gunanya dan Islam-nya tidak sah. Tanpa membawa Islam, mustahil bisa masuk surga dan bagiannya adalah neraka.

Jadi kesimpulannya, orang yang tidak sholat pasti bakalan masuk neraka jika tak segera bertaubat. Lalu bagaimana nih, aku masih berlumuran dosa, masih jauh dari kata baik, malu kalau mau sholat itu?

Kata orang, kalau kelakuan masih buruk lebih baik jangan sholat, malu-maluin saja. Kata mereka sholat itu untuk orang yang benar-benar baik. Kalau mendengarkan perkataan itu, aku jadi semakin gak berani mendirikan sholat.

Jika ada orang yang berkata demikian, dia tidak sadar sudah jadi orang paling sombong di muka bumi ini menyaingi Firaun dan Namrud. Hanya Allah saja yang berhak menghakimi seseorang, tidak ada satupun manusia yang berhak menilai seseorang.

Jika sholat itu untuk orang-orang baik saja, apakah sholat itu tidak boleh untuk orang-orang berdosa? Kalau begitu, berarti yang berdosa tak punya kesempatan dong untuk berubah.

Kenyataannya tidak demikian, Allah masih membukakan pintu taubat selebar-lebarnya selama seseorang masih hidup. Itu berarti setiap pendosa masih bisa bertaubat dan masih bisa mendirikan sholat. Tidak ada satu keterangan pun yang menjelaskan kalau sholat itu hanya untuk orang-orang baik saja.

Jangan malu untuk mendirikan sholat meski prilaku kita masih buruk. Setidaknya dengan sholat, kita menunjukkan sedikit keinginan untuk mulai berubah.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Bantu Anda Rajin Sholat 5 Waktu

Sekarang tanya pada diri sendiri, apa tujuan sholat? Dalam surat Al-Ankabut ayat 45, Allah berfirman, “Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar.”

Tuh kan, sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar. Jadi kalau kita mau mulai belajar sholat, semoga saja perbuatan buruk yang masih kita lakukan sedikit demi sedikit mulai terkikis. Dengan syarat sholat-nya tidak asal-asalan, tapi harus dimaknai dengan lubuk hati terdalam.

Kalau kamu tidak sholat, tapi masih rajin melakukan perbuatan dosa, kamu sudah pasti bakalan masuk neraka. Tapi kalau kamu mau belajar sholat, meskipun kamu masih melakukan perbuatan dosa, setidaknya ada peluang untuk masuk surga.

Kalau kita sholat dengan penuh kesungguhan, perlahan-lahan kita akan bisa meninggalkan perbuatan dosa yang dulu sering dilakukan. Meskipun secara bertahap, tidak apa-apa kok, yang penting pada akhirnya kita bisa meninggalkan maksiat secara total.

Sebagai cacatan, sholat yang bersungguh-sungguh itu harus bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari berupa akhlak yang baik. Kalau kita bertahun-tahun sholat, tapi kelakuan masih belum ada perubahan atau bahkan semakin buruk, berarti ada yang salah dengan sholatmu.

Oleh karena itu, mulailah belajar sholat meskipun itu sangat berat untukmu. Sebab sholat itu bisa memberimu kesempatan masuk surga tak peduli seberapa kelamnya masa lalumu.

To Top