in

Empat ‘Penyakit’ yang Bisa Mematikan Iman

Pernah tidak bertanya-tanya kenapa beribadah terasa berat atau bahkan tidak ada keinginan sama sekali untuk beribadah? Mungkin saja itu sebabkan karena keimanan dalam hati kita mulai redup atau bahkan mati.

Redup atau matinya iman bisa membuat kita semakin jauh dari Allah. Tidak ada keinginan untuk beribadah, rasa ikhlas tidak ada, kesabaran menghilang, jarang bersyukur dan hati selalu gundah, itulah beberapa akibat jika iman dalam sanubari kita mati.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan iman dalam hati kita menghilang. Di antaranya empat penyakit hati ini yang dapat mematikan iman.

loading...

Baca Juga: Sudah Beriman, Tapi Kenapa Cobaan Semakin Berat?

1. Jarang silaturahmi

Selain untuk mempererat hubungan kekerabatan batin, silaturahmi juga merupakan sarana untuk mencari ilmu, khususnya tentang ilmu agama. Dengan bersilaturahmi, setidaknya kita akan mendengarkan dakwah yang dapat membangkitkan kembali semangat iman kita. Jika kita sedang terpukur, setidaknya dengan bersilaturahmi kita akan mendapatkan sedikit pencerahan.

Berbeda dengan orang yang jarang silaturahmi. Mereka malas mencari ilmu dan tidak ingin berusaha untuk menyegarkan imannya kembali. Maka tak heran orang yang tidak pernah bersilaturahmi, keimanan dalam hatinya akan lenyap.

2. Lemah dalam beramal

Ilmu saja tidak cukup. Meskipun kita memiliki banyak ilmu tentang agama, tapi dalam beramal sangat lemah, itu percuma saja. Antara ilmu dan amal perbuatan harus berada dalam keseimbangan. Seperti apa contohnya beramal? Kita sudah tahu ilmu tentang zakat, bahkan kita hafal betul ayat yang menyebutkan tentang kewajiban membayar zakat, tapi pada kenyataannya, kita tidak pernah membayar zakat sama sekali. Itulah yang disebut lemah dalam beramal.

3. Takut untuk berdakwah

Berdakwah tak hanya dilakukan oleh ustad, kiai atau ulama saja, berdakwah adalah kewajiban setiap muslim. Tak perlu hafal seluruh Al-Quran dan ilmu-ilmu agama, berdakwah bisa kita sampaikan walau hanya satu ayat saja. Secara singkatnya, definisi berdakwah adalah mengajak ke dalam kebenaran menurut aturan Allah.

Baca Juga: Jangan Mendoakan Orang yang Mati dalam Keadaan Musyrik, Ini Alasannya!

Mengajak orang lain untuk melakukan sholat secara lemah lembut itu juga sudah termasuk berdakwah. Sekarang tanya pada diri sendiri, apakah kita suka takut untuk mengajak orang lain dalam melakukan kebenaran?

4. Kikir

Kikir atau pelit adalah sifat yang sangat dibenci oleh Allah. Tidak membayar zakat, tidak mau bersodakoh adalah contoh sifat orang kikir. Jika kita mampu dari segi ekonomi, kita wajib menunaikan zakat, infak dan sedekah. Kita juga harus berbagi dengan orang yang membutuhkan dengan dasar ikhlas.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak mampu dari harta? Memberi itu tak hanya sekedar uang, memberikan ilmu, mengajak dalam kebenaran, saling membantu satu sama lain, itu juga sudah termasuk menunaikan ibadah zakat.

Perbaiki empat hal di atas, insyaallah semangat iman dalam hati kita akan bangkit kembali.

loading...
Loading...
Loading...