in

Dua Nikmat yang Lebih Besar dari Uang Tapi Sering Dilalaikan

Dua Nikmat yang Lebih Besar dari Uang Tapi Sering Dilalaikan 1
Foto: idntimes.com

Kebanyakan manusia di belahan bumi manapun menganggap bahwa uang dan kekayaan adalah kunci kebahagiaan. Apakah Anda termasuk yang berpikir demikian?

Mengakui atau tidak, kita menganggap uang di atas segalanya. Buktinya saja, setiap menit, jam, hari, yang selalu kita pikirkan hanya tentang uang dan bagaimana caranya meningkatkan penghasilan.

loading...

Padahal sebenarnya ada dua nikmat yang jauh lebih besar dari uang yang sudah kita dapatkan dari dulu sampai sekarang. Hanya saja kita tidak menyadarinya dan menganggap nikmat tersebut sangat kecil. Tak heran jika jarang mensyukuri nikmat tersebut.

Baca Juga: Mengenal Tiga Macam Nikmat yang Allah Berikan di Dunia Ini, Uang Hanya Nikmat Kecil

Nikmat apakah itu?

Dua Nikmat yang Lebih Besar dari Uang Tapi Sering Dilalaikan 2
Foto: simplyfreshlaundry.com

Rasulullah SAW bersabda, “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari 6412)

Kenapa sehat disebut nikmat yang lebih besar dari uang? Kita ilustrasikan saja biar paham. Anda adalah orang kaya, penghasilannya ratusan juta hingga miliaran per bulan, tapi Anda menderita penyakit kanker. Penyakit tersebut membuat Anda benar-benar menderita, dan bahkan menghapus senyuman di wajah Anda. Apakah Anda bisa menikmati hidup meskipun banyak uang?

Lalu yang kedua, kenapa waktu luang lebih mahal dibandingkan dengan uang? Banyak orang kaya yang benar-benar disibukan dengan pekerjaannya, sampai-sampai tak punya waktu luang untuk keluarga dan bahkan untuk dirinya sendiri. Setiap hari dia pergi pagi dan pulang malam. Tubuh sudah pasti lelah, kepala sudah pasti pusing.

Karena kesibukannya itu, tak ada waktu untuk beribadah, meskipun ibadah, pasti dihantui oleh rasa cemas, rusuh dan tidak tenang. Dari situ kita tahu, waktu luang adalah harta yang sangat berharga. Sebab tidak semua orang bisa menyempatkan ibadah di waktu sibuk, hingga akhirnya ia terjerumus dalam dosa-dosa besar.

Baca Juga: Percakapan Uang Rp 100.000 dan Rp 2.000 yang Menyentuh Hati

Syukuri dua nikmat ini dan manfaatkan sebaik-baiknya.

Dua Nikmat yang Lebih Besar dari Uang Tapi Sering Dilalaikan 3
Foto: wajibbaca.com

Jangan merasa sedih dan kesal ketika tidak punya uang. Syukurilah hidup ini karena kita sudah punya dua nikmat yang jauh lebih berharga dibandingkan dengan uang.

Andai kata Allah memberikan kekayaan kepadamu, tapi Allah mencabut dua nikmat ini, hidup kamu pasti menderita. Oleh karena itu, manfaatkanlah sehat sebelum datang sakit dan manfaatkanlah waktu luang untuk beribadah dengan penuh kesungguhan.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah setiap waktu, karena Allah juga memberikan udara kepada kita setiap detik. Gratis lagi!

loading...
Loading...
Loading...