Mozaik

Jangan Suka Menghina Orang Lain, Dosanya Sangat Besar Lho!

Jangan Suka Menghina Orang Lain, Dosanya Sangat Besar Lho!

Mengolok-ngolok dan menghina orang lain itu dosanya sangat besar. Jangankan yang serius, dengan alasan bercanda saja sudah tidak diperbolehkan. Sebab menghina orang lain sama saja dengan menghina Allah.

Tapi kita seolah tidak tahu, menghina orang lain kadang seperti makanan sehari-hari. Gatal rasanya kalau tidak menghina orang lain itu. Tapi kan ini bercanda, Allah juga pasti ngeri. Paling itu alasan klasik yang sering diucapkan oleh orang-orang yang suka menghina.

Meskipun itu hanya bercanda, tetap saja itu dianggap serius karena dari bercanda. Bisa jadi orang yang kamu hina sakit hati karena candaanmu itu, hanya saja kamu tidak menyadarinya. Disitulah bagian yang beratnya, ketika kamu menyakiti hati seseorang karena ejekanmu, dosamu bakalan sulit diampuni.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Hujurat: 11).

Baca Juga: Satu Dosa Ini Lebih Sulit Diampuni Dibandingkan Dengan 70 Dosa

Orang yang kamu hina, bisa saja dia lebih baik atau lebih unggul darimu di mata Allah. Mungkin saja di masa mendatang dia akan mengunggulimu dari segala aspek.

Lalu jangan pernah sekali-kali menyebut orang lain dengan nama panggilan yang jelek atau di dalamnya mengandung unsur penghinaan.

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata: “Sesungguhnya dosa terbesar di sisi Allah setelah syirik adalah mengolok-ngolok orang lain.” (Hiyatul Auliya’, jilid 4 hlm 51).

Bisa saja menghina orang lain itu dosanya sangat besar, bahkan hampir setara dengan syirik. Sebab, ketika kamu menghina orang lain, sama saja disitu kamu menghina Penciptanya. Apakah kamu berani menghina Allah dan apakah kamu tahu betapa dosanya orang yang menghina Allah?

Oleh karena itu, mulai dari sekarang jangan pernah lagi menghina atau mengolok-ngolok orang lain meskipun itu hanya bercanda, apalagi serius. Orang yang suka menghina itu dia bisa mendapatkan paket dosa yang berat, mulai dari sombong, menghina Allah dan menyakiti perasaan orang lain.

Yuk mulai belajar jaga perkataan kita. Daripada mengolok-ngolok, lebih baik keluarkan perkataan yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain.

To Top