Mozaik

Cukup Allah Jadi Pendengar Setiamu Ketika Tidak Ada Satupun yang Mau Mendengarkanmu

Cukup Allah Jadi Pendengar Setiamu Ketika Tidak Ada Satupun yang Mau Mendengarkanmu

Setiap orang pasti punya masalah masing-masing, keluh kesah, kesedihan dan penderitaan. Salah satu cara untuk mengatasi semua keluh kesah yang kita alami yaitu dengan curhat, mengatakan semuanya kepada orang yang menurutmu bisa dipercaya.

Curhat itu boleh-boleh saja, tapi ada kalanya semua curhatanmu tidak ada yang mau mendengarkan, tidak ada yang peduli atau bahkan sama sekali tidak ada yang mau membantumu.

Kamu merasa sedang sendirian, sebab tidak ada yang peduli pada permasalahanmu. Kamu bingung harus kepada siapa lagi curhat, kamu merasa tidak ada satupun orang yang mau mendengarkanmu atau bisa memberikan solusi untukmu.

Tidak, yang kamu butuhkan bukan solusi, tapi kamu lebih membutuhkan sesuatu motivasi yang bisa membuatmu semangat lagi. Sebenarnya hanya itu yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Jawaban Allah Untuk Semua Keluh Kesah yang Kita Alami

Ketika tidak ada satupun yang mendengarkanmu, ingatlah masih ada Allah yang selalu siap jadi pendengar setiamu. Ingat kembali ke belakang, seberapa sering kamu curhat kepada Allah?

Pasti jarang banget yah, kamu lebih mengutamakan orang ketimbang Allah untuk dijadikan tempat curhatmu. Seberapa banyaknya permasalahan kamu, seberapa besarnya dosa kamu, Allah selalu siap mendengarkan semua keluh kesahmu, kapanpun itu dan dimanapun itu.

Kalau mau curhat, coba deh sekali-kali curhatkan dulu semua permasalahanmu kepada Allah. Selepas sholat, jangan langsung merapihkan sejadahmu, duduk dulu, lalu kemudian katakan semua permasalahanmu di dalam hati.

Allah memang sudah tahu semua permasalahanmu, tapi Allah tidak akan membantumu jika kamu tidak berdoa kepadaNya. Katakan semuanya dengan hati yang memelas, katakan semua permasalahanmu.

Curhat sama Allah itu memang tidak seperti curhat pada manusia. Meskipun kamu tidak bisa melihat Allah, rasakanlah sendiri sebenarnya Allah itu selalu dekat dengan kita, Allah itu selalu ada untuk kita, selalu siap mendengarkan semua keluh kesah kita, hanya saja kitanya yang menganggap Allah itu tidak ada.

Baca Juga: Ingat 3 Perkara Ini Saat Kamu Sedang Kesulitan, Nanti Allah Akan Tunjukkan Jalan Keluarnya

Ketika kamu berdoa, anggaplah Allah itu ada di depanmu, anggaplah Allah sedang mengelus kepalamu sambil berkata “Yang sabar hambaKu, Aku selalu ada untukmu, Aku selalu menemanimu, Aku selalu siap mendengarkanmu tanpa peduli seberapa besarnya dosa kamu. Aku tidak pernah meninggalkanmu, meskipun kamu meninggalkanKu.”

“Semua permasalahan ini Aku berikan kepadamu agar kamu kembali ke jalanKu, agar kamu kembali lagi berdoa kepadaKu, meminta kepadaKu dan selalu mendekatkan diri kepadaKu. Aku takut sisa umurmu dipakai untuk hal-hal yang tidak Ku-ridhoi. Karena itu, Aku berikan masalah ini kepadamu agar kamu kembali mengingatKu.”

Bayangkanlah ketika kamu mengadukan semua keluh kesahmu kepada Allah, lalu ada perkataan seperti itu dalam hatimu. Insyaallah, jika kamu menjiawainya, hatimu akan tenang seketika. Yang ada kamu akan berterima kasih kepada Allah karena sudah diberikan permasalahaan ini. Kamu akan sadar bahwa selama ini kamu selalu menjadikan Allah nomor dua, tidak pernah menjadikan Allah itu nomor satu di hatimu.

Cukup Allah jadi pendengar setiamu, dan cukup kepada Allah kamu meminta. Jangan terlalu banyak berharap pada manusia dan angan-angan belaka, cukup hanya pada Allah kamu berharap.

To Top