in ,

Bunda, Ini Tips Mengajarkan Anak Berhijab Sejak Kecil

Bunda, Ini Tips Mengajarkan Anak Berhijab Sejak Kecil 1
Foto: mommyasia.id

Ada yang bilang kalau prilaku seseorang ketika dewasa itu tergantung masa kecilnya. Jika dari kecil sudah diajarkan kebaikan, maka setelah dewasa sifatnya juga baik, begitupun sebaliknya. Bisa dibilang kalau masa anak-anak adalah waktu yang tepat untuk membentuk kepribadian.

Khusus buat para ibu yang memiliki anak perempuan, sudah jadi tugas bunda untuk mengajarkan anak Anda cara menutup aurat tubuh meski dia masih kecil. Agar setelah dewasa nanti, anak Anda sudah terbiasa berpenampilan tertutup, termasuk sudah terbiasa memakai hijab.

loading...

Nah bunda, jadi sebaiknya segera ajarkan si kecil untuk memakai jilbab sejak dini. Simak tips-tips mengajarkan anak berhijab berikut ini.

Baca Juga: 5 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Setelah Menikah

1. Belikan pakaian syari

Meski masih anak-anak, jangan suka membelikan baju yang agak kurang sopan atau yang terbuka. Tapi belilah baju syari yang menutup seluruh tubuh. Ajarkan anak untuk memakai pakaian tersebut ketika hendak keluar rumah.

2. Berikan pemahaman ilmu agama

Mengajarkan ilmu agama sejak kecil sangat penting. Gak usah ribet-ribet harus jago baca Al-Quran dan sebagainya, cukup ajarkan mana yang boleh dan tidak menurut agama agar si anak gak pusing. Beritahu bahwa berhijab bagi perempuan adalah wajib hukumnya, kalau gak pake hijab, nanti gak akan disayang oleh Allah.

3. Perhatikan lingkungan tempat anak Anda bergaul

Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap prilaku anak Anda. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua harus mengawasi anak Anda dan selalu memberikan arahan kepadanya agar tidak ikut-ikutan sesuatu yang buruk. Ajari anak meskipun teman-temannya gak pake hijab, kamu harus tetap pake hijab yah!

Baca Juga: Setelah Sekian Lama Berhijab, Ini Alasan yang Membuat Wanita Melepas Jilbab

4. Contoh langsung dari ibunya

Anak-anak itu suka meniru sosok yang diseganinya. Sebagai seorang ibu, Anda harus lebih pertama memakai hijab. Dengan begitu anak Anda akan menirunya dan tidak akan menganggap hijab sesuatu yang jelek untuk dipakai.

Cukup segitu saja bunda untuk mengajarkan putri Anda berhijab sejak kecil. Mengajari anak yang masih kecil itu harus penuh hikmah, gak boleh main kasar, apalagi main ancam.

loading...
Loading...
Loading...