in

Bukan Saat Banyak Uang, Ini Waktu yang Paling Afdhol Untuk Bersedekah

Bukan Saat Banyak Uang, Ini Waktu yang Paling Afdhol Untuk Bersedekah 1

Allah mewajibkan kita untuk membagikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang yang tidak mampu. Bisa diartikan kalau sedekah adalah kewajiban setiap muslim yang harus dilaksanakan. Sebab sifat kikir sangat dibenci oleh Allah SWT.

Allah tak menyuruh kita untuk sedekah dengan nominal yang besar, melainkan sesuai dengan kemampuan kita. Sedekah yang baik di depan Allah bukanlah yang nominalnya besar, melainkan sedekah yang dipenuhi dengan niat yang tulus karena Allah dan dipenuhi dengan keikhlasan.

Ada yang sedekah besar-besar, tapi pahalanya sedikit, tapi ada yang sedekahnya sedikit, tapi pahalanya lebih besar. Sedekah 1 ribu bisa mengalahkan sedekah 1 juta bahkan 1 miliar.

Itu tergantung dari keikhlasan dan kemampuan kita masing-masing. Hanya itu yang dilihat oleh Allah, bukan berapa besar nominalnya.

Lalu kapan waktu yang paling afdhol untuk bersedekah yang pahalnya bisa berkali-kali lipat?

Dari Abu Hurairah dan Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah ditanya sedekah mana yang paling afdhol. Jawab beliau, “Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An Nasai no. 2526)

Hadist di atas memiliki tafsir bahwa sedekah yang paling afdhol yaitu sedekah saat kita sedang kekurangan. Saat kita sendiri sedang kekurangan, banyak kebutuhan, tapi masih bisa bersedekah, maka nilainya jauh lebih besar dibandingkan mereka yang bersedekah di saat banyak kelebihan.

Mampu bersedekah di saat kekurangan merupakan ciri-ciri orang yang selalu merasa cukup dan bukan orang kikir.

Sedekahnya orang miskin walau hanya 1 ribu, bisa mengalahkan 1 juta atau bahkan 1 miliar dari sedekahnya orang yang kaya raya. Kenapa demikian?

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham”. Lalu ada yang bertanya, “Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau menjelaskan, “Ada seorang mukmin yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan.” (HR. An Nasai no. 2527 dan Imam Ahmad).

Kesimpulannya, jika kita betul-betul sedang kekurangan, jangan malu untuk tetap bersedekah walau hanya 1 ribu. Tapi malulah jika kita punya uang 1 miliar, tapi sedekah cuma 1 juta.

Loading...
Loading...