Mozaik

Bukan Mengeluh, Ini Solusi Ketika Kita Sedang Merasa Kurang

Bukan Mengeluh, Ini Solusi Ketika Kita Sedang Merasa Kurang

Hidup itu ada kalanya senang, ada kalanya susah, ada tawa, ada tangis, ada merasa lebih dan ada merasa kurang. Semuanya akan terus silih berganti seperti siang dan malam, tapi yang terpenting bagaimana caranya kita tetap semangat dan bersyukur dalam keadaan apapun.

Jika hari ini di antara kita ada yang sedang merasa kurang, jangan bersedih, mungkin kali ini hidup kita sedang pada giliran kurang. Namun kebanyakan dari kita suka mengeluh ketika keadaan sedang serba kurang, terutama kurang ekonomi.

Wajar saja jika ada mengeluh karena kita juga manusiawi, tapi yang terpenting itu jangan sampai hidup kita terus-terusan mengeluh hanya keadaan sedang serba kurang.

Mengeluh tidak akan membawa perubahan apapun, mengeluh hanya akan memperburuk keadaan dan mengeluh hanya akan semakin membut hidupmu terasa susah. Udah mah sedang susah, terus dibuat susah lagi oleh kita.

Padahal Allah sudah memberikan solusi untuk mengatasi rasa kurang dalam hati kita. Rasa kurang itu muncul bukan karena soal ada atau tidak adanya uang, banyak di luar sana yang kaya raya tapi tetap hatinya merasa kurang.

Baca Juga: Setiap Kali Kamu Merasa Susah, Ingatlah 3 Hal Ini Agar Kamu Bahagia Kembali!

Ketika kau merasa kurang, maka solusinya bukan mengeluh, tapi mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita. Ketika kita bersyukur atas segala sesuatu, maka Allah akan menambah nikmatnya kepada kita.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya  azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Ayat di atas padahal sudah jelas menerangkan bahwa ketika kita bersyukur, Allah pasti akan menambah nikmat kepada kita, termasuk nikmat rasa cukup. Ketika kita mengingkari nikmat dari Allah, rasa cukup itu akan Allah cabut dan akan Allah berikan rasa kurang dan kurang yang tidak ada habisnya.

Kesimpulannya, bukan karena ekonomi terpuruk kita merasa kurang, tapi karena kita tidak bersyukur saat keadaan tersebut. Kita malah melihat ke atas dan lupa menundukan kepala melihat yang di bawah kita.

Solusinya, syukuri setiap nikmat yang Allah berikan kepada kita. Ketika kita bersyukur, rasa kurang itu akan Allah cabut dan Allah pasti akan menambah nikmatmu.

You May Like

To Top