in , ,

Buatmu yang Ingin Hijrah, Jangan Takut dengan Omongan Orang Lain!

Buatmu yang Ingin Hijrah, Jangan Takut dengan Omongan Orang Lain!

Makna hijrah yang sebenarnya adalah berpindah dari sesuatu yang tidak baik ke sesuatu yang lebih baik. Memang bukan perkara mudah bagi seseorang untuk berhijrah ke hal-hal yang lebih baik. Ada banyak hal yang perlu dihadapi dan dilewati jika kamu ingin hijrah.

Pertama, kamu harus siap meninggalkan semua kebiasaan buruk kamu lalu menggantinya dengan sesuatu yang baik. Jika dulu kamu suka mabuk, sekarang berhentilah mabuk, jika dulu tidak sholat, sekarang harus sholat, jika perempuan dulu tidak memakai jilbab, sekarang harus memakai jilbab.

Kedua, kamu harus bisa istiqomah di jalan kebenaran walau kadang kamu suka melakukan kesalahan. Yang penting perbaiki diri kamu ketika salah dan jangan sampai belok terlalu jauh dari jalan kebenaran.

loading...

Ketiga, kamu jangan sampai takut atau merasa malu pada orang lain setelah berhijrah. Meskipun bakalan banyak orang yang menyanjungmu, tapi bakalan banyak pula yang mencaci makimu.

Berat yah untuk hijrah? Pasti beratlah, hadiahnya saja surga, kalau ringan mah paling hadiahnya sepedah.

Buatmu yang Ingin Hijrah, Jangan Takut dengan Omongan Orang Lain!
Foto: hipwee

Walaupun berat kelihatannya, tapi yakin jauh di dalam lubuk hati setiap orang pasti ada keinginan untuk berubah jadi lebih baik. Sebaiknya mulai dari sekarang rasa tersebut jangan dipendam, curahkanlah dan coretkan dalam kertas kehidupan kamu.

Tapi bagaimana dengan perkataan orang lain tentangku? Mereka pasti akan mencelaku setelah hijrah dan mengatakan bahwa aku orang yang sok alim. Atau mungkin aku akan dianggap remeh oleh orang lain setelah aku hijrah?

Sekarang tanya lagi ke dalam hati kamu sendiri! Siapa yang nanti akan memberikanmu surga? Siapa nanti yang akan menyelamatkanmu di saat tidak ada satu orang pun yang bisa menyelamatkanmu? Siapa yang selama ini memberikan kamu anugrah hidup ini, memberikan rizki dan sehat?

Apakah orang lain yang kamu takutkan itu? Tentu saja bukan, semua yang telah kita terima dan akan kita dapat mutlak pemberiaan dari Allah. Lantas kenapa kita harus takut dengan celaan orang lain setelah berhijrah?

Cukuplah takut kepada Allah jika kita tidak hijrah saat ajal menjemput.

Buatmu yang Ingin Hijrah, Jangan Takut dengan Omongan Orang Lain!
Foto: simplyhomy-guesthouse

Orang lain mengatakan kamu sok alim, pura-pura atau sebagainya, kamu abaikan saja! Manusia kadang sulit memaafkan kesalahan orang lain, tapi Allah bahagia melihat hambaNya berhijrah. Cukuplah Allah yang menilaimu!

Setelah hijrah, kamu takut jadi banyak yang mencaci maki kamu? Ingatlah bahwa tanda orang yang beriman itu adalah banyaknya caci makian dari orang lain, padahal dia sudah melakukan hal yang benar.

Lihatlah para Nabi terdahulu! Bukankah caci makian membuat tingkat keimanan dan taqwa mereka naik derajatnya di depan Allah? Cukuplah Allah yang memujimu, jangan berharap mendapat pujian dari orang lain.

Buatmu yang masih ragu untuk berhijrah karena takut dengan prasangka dan tanggapan orang lain, mudah-mudahan artikel ini bisa membulatkan tekadmu untuk berhijrah. Jangan takut karena ada Allah yang akan selalu menjagamu!

loading...
loading...
Loading...
Loading...