Mozaik

Begini Nasib Orang yang Terakhir Masuk Surga

Begini Nasib Orang yang Terakhir Masuk Surga

Sebagian manusia ada yang dimasukkan dulu ke neraka sebelum dimasukkan ke surga. Hal itu dikarenakan ada dosa-dosa yang harus dibersihkan dulu. Lama atau tidaknya di neraka tergantung seberapa besar dosanya.

Dalam salah satu riwayat, ada yang bertanya kepada Rasulullah bagaimana nasib orang yang terakhir masuk surga. Ibnu Mas’ud berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya aku tahu siapa orang yang paling terakhir dikeluarkan dari neraka dan paling terakhir masuk ke surga. Yaitu seorang laki-laki yang keluar dari neraka dengan merangkak.

Kemudian Allah berfirman kepadanya, “Pergilah engkau, masuklah engkau ke surga.”

Baca Juga: 5 Wanita Ahli Surga yang Harus Dijadikan Suri Teladan

Dia pun mendatangi surga, tapi ia membayangkan bahwa surga itu telah penuh. Dia berkata, “Wahai Rabbku, aku mendatangi Surga tapi sepertinya sudah penuh.”

Allah berfirman kepadanya, “Pergilah engkau dan masuklah ke surga.”

Dia pun mendatangi surga, tapi ia masih membayangkan bahwa surga itu telah penuh. Kemudian dia kembali dan berkata, “Wahai Rabbku, aku mendatangi surga, tetapi sepertinya telah penuh.”

Allah berfirman kepadanya, “Pergilah engkau dan masuklah ke surga, karena untukmu surga seperti dunia dan sepuluh kali lipat darinya.”

Orang tersebut berkata, “Apakah Engkau memperolok-olokku atau mentertawakanku, sedangkan Engkau adalah Raja Diraja?”

Baca Juga: 6 Buah ‘Dari Surga’ yang Disebutkan Dalam Al-Quran

Ibnu Mas’ud berkata, “Aku melihat Rasulullah SAW tertawa sampai tampak gigi geraham beliau. Kemudian beliau bersabda, “Itulah penghuni surga yang paling rendah derajatnya.” (HR. Bukhari no. 6571, 7511 dan Muslim no. 186).

Dari riwayat di atas, orang yang terakhir masuk surga saja diberikan surga seluas 10 kali lipat dunia. Untuk penghuni surga yang paling rendah derajatnya saja sudah diberikan surga yang dipenuhi dengan kenikmatan, apalagi yang betul-betul beriman.

Ini adalah bukti kalau Allah itu maha Pengasih dan Maha Penyayang. Seberapa besar dosa-dosa Anda, Allah pasti akan mengampuninya dan janganlah berputus asa.

Meskipun demikian ini juga jadi pelajaran buat kita semua agar tidak termasuk golongan orang yang terakhir masuk surga.

You May Like

Loading...
To Top