in

Bagaimana Cara Sholat Bisa Menenangkan Hati Kita?

Sholat lima waktu adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap umat Islam. Jangan pernah sekali-kali umat Muslim meninggalkan sholat walau hanya satu kali saja, kecuali memang ada alasan yang jelas. Pasalnya tidak melaksanakan sholat merupakan dosa yang sangat besar. Menurut beberapa keterangan, tidak sholat satu kali saja, hukumannya sama dengan seribu tahun akhirat.

Yang jadi pertanyaan, apakah kita sudah bisa melaksanakan sholat dengan hati ikhlas, atau masih kepaksa karena takut neraka? Melaksanakan sholat itu bukan sekedar menggugurkan kewajiban, tapi kita harus bisa ikhlas dan menganggap sholat itu layaknya kebutuhan, seperti kita butuh makan.

Tapi jika bertanya pada hati kita sendiri, kenapa sih melaksanakan sholat terasa berat sekali, kan kata Allah juga sholat itu bisa menenangkan hati kita, tapi kenyatannya kok bukan tenang, malah buru-buru yang ada?

loading...

Baca Juga: Kenapa Melaksanakan Sholat 5 Waktu Terasa Berat?

Bukan artinya Allah berbohong, sholat itu memang benar-benar bisa menangkan hati kita. Hanya saja, orang yang benar-benar khusyuk dalam sholatnya yang bisa merasakan tenang dalam hatinya, tapi jika sholatnya malah memikirkan banyak hal, susah, senang, penderitaan, amarah dan sebagainya, kita tidak akan mendapatkan ketenangan selama sholat, malah kita akan merasa gundah selama sholat.

Apa artinya khusyuk?

Khusyuk itu fokus hanya pada satu hal yang sedang kita kerjakan. Jadi sholat yang khusyuk itu yakni sholatnya yang betul-betul fokus pada satu tujuan saja. Apa tujuan sholat? Dalam surat Ta Ha ayat 14, dijelaskan dirikanlah sholat untuk mengingat Allah.

Selama sholat, pada intinya kita harus fokus hanya dengan mengingat Allah saja, jangan sampai hati kita juga mengingat hal-hal lain seperti uang, usaha tidak lancar, masalah, mikirin pacar, pekerjaan, anak, istri dan pokoknya memikirkan sesuatu selain Allah. Cukup dengan mengingat Allah saja selama sholat, maka hati akan tenang.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Sulit Bangun Untuk Sholat Tahajud

Jika selama sholat kita banyak memikirkan hal-hal lain, tak heran jika sholat kita merasa gundah, resah dan kesannya buru-buru sekali. Tapi jika kita benar-benar fokus hanya mengingat Allah selama sholat, hati akan tenang dan masalah yang sedang kamu hadapi akan tersingkirkan oleh kebahagiaan hanya dengan mengingat Allah.

“Hati mereka jadi tentram hanya dengan mengingat Allah.” (QS: Ar-Ra’d ayat 28).

Kata Allah juga, hati kita akan tenang hanya dengan mengingat Allah. Bukankah dalam sholat itu kita harus mengingat Allah? Jadi jika kita berusaha keras untuk mengingat Allah dalam sholat, maka hati akan tenang.

Kedengarannya memang mudah dan enteng bukan mengingat Allah itu? Tapi coba laksanakan sendiri, bagaimana susahnya mengingat Allah dalam sholat. Apalagi mengingat Allah di luar sholat yah, dalam sholat saja begitu susahnya. Wajar saja susah, hadianya saja surga, kalau mudah mah hadiahnya juga paling permen.

loading...
Loading...
Loading...