in

Ayat Al-Quran Untuk Menenangkan Hati yang Sedih, Tertekan dan Putus Asa

Ayat Al-Quran Untuk Menenangkan Hati yang Sedih, Tertekan dan Putus Asa 1

Hidup ini tak pernah lepas dari berbagai macam permasalahan. Senang dan susah seperti siang dan malam yang silih berganti. Roda kehidupan akan selalu berputar, dan ada kalanya roda kehidupan kita berada di puncak dan ada kalanya roda kehidupan kita berada di bawah.

Buat yang sedang ditimpa berbagai macam permasalahan hidup yang amat berat, janganlah bersedih karena semua itu adalah ujian dari Allah. Yakinlah ada hikmah di balik semua permasalahan tersebut. Oleh karena itu tetaplah berpegang kokoh pada Yang Maha Kuasa di setiap menerima permasalahan.

Jika kamu sedang merasa sedih, susah, tertekan, putus asa, kecewa atau merasa berlumuran dosa, ayat-ayat Al-Quran di bawah ini akan menghiburmu dan menenangkan hati kamu. Yakinlah hanya kepada Allah di setiap menerima permasalahan.

1. Sedih (Al-Baqarah: 25)

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”

Baca Juga: Ini Ayat Al-Quran yang Membuat Umar bin Khattab Masuk Islam

Jangan bersedih ketika mendapatkan permasalahan. Jika kamu beriman dan bertaqwa, yakinlah kesedihan itu akan dibalas dengan kebahagiaan yang melimpah kelak. Kebahagiaan yang tiada akhirnya.

2. Tertekan (Ar-Rad: 28)

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Senantiasalah mengingat Allah di dalam maupun di luar sholat. Insyaallah hati kamu akan merasa tentram. Tekanan dan rasa gelisah dalam hatimu akan hilang.

3. Kesusahan (Al-Insyirah: 5)

“Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Janji Allah itu nyata, setiap kita mengalami kesulitan, disitu pasti ada kemudahan asalkan kita ikhlas menerimanya. Selama kita hidup di dunia ini, senang dan susah akan silih berganti seperti siang dan malam. Jika hari ini kau susah, esok kau akan bahagia. Jika hari ini kau senang, esok kau akan susah.

4. Kecewa (Al Imran: 139)

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

Jika kamu orang beriman, janganlah kamu merasa sedih karena dikecewakan oleh manusia. Ketahuilah Allah tidak pernah mengecewakanmu, oleh karena itu berharaplah hanya kepada Allah. Kamu sering kecewa karena terlalu banyak berharap pada manusia.

Baca Juga: 5 Ayat Alquran Untuk Obati Permasalahan Hidup

5. Putus Asa (Yusuf: 87)

“Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.”

Sebagai orang beriman, janganlah kita berputus asa ketika menghadapi kesulitan. Sebab putus asa itu adalah sifat orang-orang kafir.

6. Merasa berdosa (Az-Zumar: 53)

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Kamu merasa berdosa, tapi malu untuk melangkahkan kaki, bingung apakah Allah akan mengampuni dosa-dosamu atau tidak, ketahuilah Allah itu Maha Pengampun. Meskipun dosamu sebanyak buih di lautan, Allah akan mengampuninya dengan syarat tobat bersungguh-sungguh.

Jika kamu bertaqwa, Allah pertama-tama akan menolongmu dari berbagai macam permasalahan dengan menenangkan hatimu dulu. Sehingga hati tetap tentram dan tenang meskipun sedang menghadapi masalah.

Loading...
Loading...