Mozaik

Apa Warna Pakaian yang Paling Disukai Rasulullah SAW?

Apa Warna Pakaian yang Paling Disukai Rasulullah SAW?

Meskipun menyandang gelar Nabi dan Rasul, Nabi Muhammad tetap manusia sama seperti kita. Beliau cenderung suka pada hal-hal tertentu dengan syarat tidak dilarang oleh Allah SWT.

Termasuk dalam warna pakaian, Rasulullah SAW juga punya warna pakaian favorit yang sering beliau gunakan saat beraktivitas maupun saat berdakwah.

Bagi yang cinta berat sama Rasulullah pasti akan meniru semua akhlaknya dan segala macam anjurannya, dan mungkin ingin meniru cara berpenampilan Rasululah.

Barangkali di antara kalian ada yang ingin tahu apa sih warna pakaian yang paling disukai Rasulullah karena mau mulai belajar mencontoh beliau dari apa yang disukainya.

Baca Juga: Apakah Nabi Muhammad Sakit Hati Ketika Dihina Kaum Kafir?

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang pakaian yang suka dipakai Rasulullah. Mari kita simak artikel berikut ini sampai tuntas.

Anas bin Malik menyebut, “Warna yang paling disukai Rasulullah SAW adalah hijau.”

Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menyebutkan, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah putih.”

Ibnu Hajar dalam kitab Tanbih Al Akhbar menerangkan, “Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapaun warna hijau adalah afdhal daripada warna lainnya, sesudah putih.”

Imam Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, “Pernah Nabi keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain yang berwarna abu-abu.

Dari semua keterangan di atas, dapat diambil kesimpulan kalau Rasulullah SAW menyukai pakaian berwarna hijau, putih, abu-abu dan mungkin ada warna lain.

Baca Juga: 4 Gunung Ini Pernah Jadi Saksi Perjuangan Rasulullah Menyebarkan Islam

Arti warna menurut ilmu psikologi

Lantas apa sih arti dari setiap warna yang disukai Rasulullah? Kita bisa melihatnya secara psikologi.

Menurut psikologi, hijau sarat akan harmoni atau keseimbangan, kesuburan dan kesegaran. Dalam Islam, hijau mungkin berarti keseimbangan antara dunia dan akhirat. Islam itu membawa kesuburan dan kesegaran kepada siapa saja yang betul-betul melaksanakannya.

Putih erat kaitannya dengan bersih, suci dan terang. Menurut Islam, putih bisa saja melambangkan kesucian lahir dan batin. Islam itu suci dan kita sebagai penganutnya harus senantiasa mensucikan diri dari dosa-dosa agar hati putih dan bersinar.

Menurut psikologi, warna abu-abu menggambarkan keseriusan, kestabilan, kemandirian dan bertanggung jawab. Warna ini dalam Islam bisa melambangkan keseriusan dalam beribadah. Kita harus bertanggung jawab atas apa yang sudah diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

Jadi kalian lebih suka warna yang mana kalau mau mencontoh Rasulullah?

To Top