in

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini

Kesenangan dan kemewahan dunia telah membuat banyak orang lupa akan kematian. Banyak di antara kita yang terlalu terlena dalam mengejar urusan dunia sementara urusan akhirat diabaikan. Padahal ajal itu sesuatu yang paling dekat dan pasti akan datang kepada setiap makhluk yang bernyawa.

Asalkan kita tahu tobat itu tidak akan menunggu lima perkara ini datang terlebih dahulu kepada kita. Kematian itu datang secara tak diduga-duga dan tanpa pandang bulu.

1. Ajal tidak menunggu Anda kaya dulu

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini
Foto: viajarnews.com

Banyak yang melalaikan ibadah dan lupa akan mati karena terlalu disibukan mengejar kekayaan yang belum tentu bisa didapatkan.

loading...

Misalkan Anda sibuk mengejar kekayaan dan beranggapan kalau udah kaya nanti ibadah lebih nyantai. Anda melupakan urusan ibadah dan lupa kepada Allah selama proses mengejar kekayaan tersebut. Ketika detik-detik Anda mencicipi kesuksesan yang sudah Anda dapatkan, lalu ajal tiba, apa yang akan Anda lakukan?

Alhasil Anda tidak bisa menikmati kekayaan tersebut yang sudah mati-matian Anda perjuangkan dan di akhirat nanti Anda akan hidup jauh lebih menderita lagi karena selama Anda hidup hanya mengejar kekayaan dunia. Rugi bukan?

Baca Juga: Tanda-Tanda Fisik yang Muncul Saat Seseorang Mendekati Ajal

Di situasi lain, andai kata Anda bisa menikmati kekayaan tersebut, anggapan Anda bahwa ibadah akan jauh lebih leluasa kalau udah kaya sebenarnya salah. Hidup Anda malah akan jauh lebih sibuk dari sebelumnya, memikirkan bagaimana meningkatkan perusahaan yang ini dan yang itu, mengurus pekerjaan ke sana dan kemari hingga tidak ada waktu untuk beribadah.

2. Ajal tidak akan menunggu Anda tua

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini
Foto: radarislam.com

Tobat mah nanti aja kalau udah tua, mungkin banyak orang yang suka beranggapan seperti itu. Jika pernah berkata demikian, coba bertanya dalam hati, apakah kita yakin bisa hidup sampai tua? Nyatanya ajal itu tak memandang usia, tua dan muda, sehat dan sakit, ajal datang kepada siapa saja jika sudah mendapat perintah dari Yang Maha Kuasa.

Buktinya banyak bayi yang baru lahir meninggal, meninggal karena penyakit di usia muda atau karena kecelakaan. Jangan terlalu percaya diri bisa hidup sampai tua karena bisa membuat Anda melupakan akan datangnya kematian.

3. Ajal tidak akan menunggu Anda tobat

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini
Foto: eumroh.com

Selama kita hidup di dunia, pintu tobat dibuka selebar-lebarnya oleh Allah. Tak peduli seberapa besar dosa yang pernah Anda lakukan, asalkan kita bertobat sungguh-sungguh, Allah pasti akan mengampuni semua dosa kita.

Jadi jangan suka menunda-nunda tobat, segeralah minta ampunan kepada Allah setiap waktu karena kita selalu melakukan dosa setiap detiknya. Jangan sampai nyawa sudah ditenggorokan, baru kita mau bertobat seperti Firaun ketika ditenggelamkan di Laut Merah.

Baca Juga: 9 Foto Mengerikan Ini Diambil Detik-Detik Sebelum Kematian

4. Ajal tidak akan menunggu Anda senang

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini
Foto: lovecreatelive.com

Permasalahan dan kesenangan akan terus bergantian seperti siang dan malam. Kita akan terus melihat siang dan malan selama kita hidup di dunia ini. Artinya kita akan terus menghadapi permasalahan dan kesenangan selama hidup. Sebenarnya tidak ada waktu luang dan senang di dunia ini. Kita akan selalu merasa sibuk hingga melalaikan urusan ibadah.

Mereka yang bisa beribadah adalah mereka yang bisa menyempatkan tenang dan senang di tengah-tengah kesibukan.

5. Ajal tidak akan menunggu mimpi Anda terwujud

Ajal Tidak Akan Menunggu Datangnya 5 Perkara Ini
Foto: news.com.au

Setiap orang pasti punya mimpi, namun kebanyakan mimpi tersebut hanya dalam urusan dunia. Mimpi hidup kaya, punya rumah dan mobil mewah, punya istri cantik atau suami tampan, dan sebagainya. Boleh-boleh saja bermimpi, tapi jangan sampai mimpi tersebut membuat Anda lupa kepada Allah.

Karena ajal itu tidak akan menunggu mimpi Anda terwujud dulu. Mungkin ketika di tengah perjalanan meraih mimpi tersebut, ajal menjemput kita. Bermimpilah sesuatu yang nyata akan pertemuan kita dengan Allah dan bermimpilah kita untuk mendapatkan ridhoNya.

Mengejar kesenangan dunia seperti mengejar bayangan sendiri yang tidak akan pernah diraih. Kejarlah sesuatu yang nyata yang ada di depan kita karena bayangan pasti akan mengikuti kita.

loading...
loading...
Loading...
Loading...