Mozaik

8 Macam Sumber Rezeki yang Harus Anda Ketahui

8 Macam Sumber Rezeki yang Harus Anda Ketahui

Setiap makhluk di bumi ini sudah dijamin Allah rezekinya, baik itu makhluk nabati, jamadi sampai jasmani. Namun rezeki itu terbagi dalam beberapa sumber dan setiap sumber berbeda-beda cara memperolehnya.

Anda harus tahu dari mana saja sumber rezeki itu agar keyakinan Anda semakin bertambah dan Anda semakin mau memperbaiki diri. Berikut 8 macam sumber rezeki yang harus Anda ketahui.

1. Rezeki yang telah dijamin

Rezeki yang pertama ini sudah dijamin Allah diberikan kepada siapa saja tanpa perlu susah payah mencarinya atau berpikir bagaimana cara mendapatkannya. Rezeki ini bisa disebut rezeki paling besar dibandingkan rezeki lainnya.

Baca Juga: 5 Sifat Istri yang Membuat Pintu Rezeki Suami Tertutup

Rezeki yang telah dijamin diantaranya yaitu nikmat menghirup udara, bisa melihat, bisa merasa, berjalan dan yang berhubungan dengan fisikmu langsung. Bagaimana menurutmu jika Allah berikan semua itu berbayar? Apakah Anda sanggup membayarnya?

Lalu apa jadinya jika Anda kaya, tapi Allah berikan udara semenit sekali kepadamu, apakah Anda sanggup? Kenyataannya tidak demikian, Allah berikan semua rezeki ini secara gratis kepada siapapun itu.

2. Rezki karena usaha

Ada rezeki yang sudah disiapkan oleh Allah sesuai takarannya masing-masing, tapi Allah mengharuskan kita menjemputnya dengan cara berusaha dan bekerja.

Rezeki ini tidak akan bisa didapatkan hanya dengan berdoa atau diam saja, tapi harus ada usaha untuk mendapatkannya dan jangan lupa berdoa juga agar dilancarkan prosesnya.

3. Rezeki karena bersyukur

Dalam Al-Quran, Allah menjamin akan menambah nikmat orang-orang bersyukur. Oleh karena itu, dalam keadaan apapun, Anda harus selalu bersyukur dengan rezeki yang telah Anda dapatkan.

Jika Anda bisa bersyukur, Allah akan memandangmu sebagai hamba-Nya yang sabar dan ikhlas. Setelah itu Allah akan membukakan pintu rezeki untukmu.

4. Rezeki yang tidak terduga

Pernah tidak mendapatkan rezeki yang tanpa disangka-sangka atau tidak pernah terpikirkan sebelumnya? Inilah yang disebut rezeki tak terduga.

Kenapa Allah memberikan kita rezeki yang tidak diduga-duga? Agar kita semakin yakin dan semakin bersyukur kepada Allah. Syarat utama untuk mendapatkan rezeki ini adalah bersabar dan tawakal.

Baca Juga: Tata Cara yang Baik dan Benar Berdoa Minta Rezeki, Tidak Boleh Seenaknya!

5. Rezeki karena istighfar

Dosa-dosamu bisa jadi penghalang rezeki dan keberkahanmu. Maka dari itu, rajin-rajinlah beristighfar setiap saat agar lambat laun dosamu semakin menipis. Semakin menipis dosa, semakin lancar rezekimu beserta berkahnya.

6. Rezeki karena menikah

Banyak yang takut menikah karena merasa keadaan ekonominya belum mampu. Padahal Allah akan menambah rezeki mereka yang menikah dengan niat karena Allah dan menjaga dirinya dari maksiat.

Allah tahu beban hidupmu akan semakin bertambah setelah menikah, maka dari itu Allah akan menambah rezekimu.

7. Rezeki karena anak

Banyak anak banyak rezeki, istilah ini sudah populer di telinga kalian. Tapi bukan berarti kalau Anda mau kaya harus punya anak sampai 100, bukan begitu maksudnya.

Kalau Anda punya anak, lalu Anda mendidiknya dengan sangat baik dari sisi agama dan akhlak, rezeki Anda pasti dilancarkan. Anakmu akan membawakan berkah untukmu dan jadi jalan bagimu untuk mencapai keridhoan Ilahi.

8. Rezeki karena sedekah

Konsep dalam Islam bukan menabung pangkal kaya, tapi sedekah pangkal kaya. Semakin banyak Anda bersedekah di jalan Allah, semakin banyak rezeki yang siap masuk ke dalam sakumu.

Konsep ini tak hanya berlaku bagi muslim saja, tapi bagi seluruh umat manusia di dunia ini. Dan konsep ini sudah dipercayai oleh orang-orang kaya di dunia. Contohnya saja Bill Gates, dia menyumbangkan 70% hartanya untuk amal, tapi kenyataannya Bill Gates tetap jadi orang terkaya di dunia.

To Top