Mozaik

7 Ayat Al-Quran Tentang Anjuran Untuk Traveling

7 Ayat Al-Quran Tentang Anjuran Untuk Traveling

Siapa di antara kalian yang tidak suka traveling keliling dunia? Mustahil sekali ada orang yang tidak suka jalan-jalan. Sebab traveling ke tempat-tempat wisata itu sangat mengasyikan dan bisa meredakan lelah kita dari capenya urusan pekerjaan.

Al-Quran bahkan tidak melarang kita berpergian ke suatu tempat, justru Al-Quran menganjurkannya. Namun perlu diingat, anjuran traveling menurut Al-Quran bukan bermaksud menyuruh kita untuk berpergian ke tempat-tempat yang penuh dengan maksiat, melainkan ke tempat-tempat tertentu, khsusnya yang bernilai religi.

Misalnya saja berpergian ke wisata-wisata alam yang indah. Nah secara tidak sadar, hati kita takjub dengan pemandangan alam yang kita lihat, sekaligus takjub sama yang menciptakan-Nya. Keindahan dan keajaiban alam adalah bukti kekuasaan Allah.

Namun dalam kebanyakan ayat Al-Quran, Allah lebih menganjurkan kita untuk melakukan perjalanan agar melihat bagaimana akibat orang-orang terdahulu yang mendustakan Allah dan Rasul. Sebab di dunia ini ada banyak sekali objek wisata yang menjadi saksi bisu perjuangan para Nabi dulu dalam menyebarkan agama Allah.

Langsung saja berikut beberapa ayat Al-Quran tentang anjuran untuk traveling.

1. Al-Mulk, ayat 15

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al-Mulk: 15).

Baca Juga: 5 Jalan Rezeki Dalam Al-Quran yang Tak Disangka-Sangka

2. Ali ‘Imran, ayat 137

“Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah. Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).” (QS. Ali ‘Imran: 137).

3. Al-An’am, ayat 11

“Katakanlah: ‘Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu.” (QS. Al-An’am: 11).

4. Yusuf, ayat 109

“Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya diantara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?” (QS. Yusuf: 109).

5. An-Naml, ayat 69

“Katakanlah: ‘Berjalanlah kamu (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa.” (QS. An-Naml: 69).

6. Ar-Rum, ayat 42

“Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS. Ar-Rum: 42).

7. Muhammad, ayat 10

“Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka; Allah telah menimpakan kebinasaan atas mereka dan orang-orang kafir akan menerima (akibat-akibat) seperti itu.” (QS. Muhammad: 10).

To Top