in

6 Rahasia Dikabulkannya Doa yang Jarang Diketahui

6 Rahasia Dikabulkannya Doa yang Jarang Diketahui 1

Dalam ajaran Islam, doa menempati posisi paling penting. Bukan sekedar untuk meminta kebutuhan hidup semata, doa bisa dijadikan sarana untuk berinteraksi dengan Allah dan juga sarana ibadah.

Dalam Al-Quran, Allah berfirman setiap doa pasti akan dikabulkan. “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).

Namun perlu diketahui, proses dikabulkannya doa itu ada banyak cara. Ada yang langsung dikabulkan, ada yang menunggu proses lama, ada yang dikabulkannya nanti di akhirat dan bahkan ada yang tidak dikabulkan.

Terkabul atau tidaknya sebuah doa sebenarnya itu tergantung pada diri kita sendiri. Jika kita sepenuhnya yakin pada Allah dan doa-doa kita, pasti Allah akan mengabulkannya.

Berikut ini ada beberapa rahasia dikabulkannya doa yang jarang diketahui. Semoga saja artikel ini bisa jadi bahan intropeksi bagi kita semua kenapa doa yang kita panjatkan tak kunjung dikabulkan.

Baca Juga: 3 Doa yang Jangan Kau Lupakan Dalam Sujud

1. Tahu waktu yang tepat untuk berdoa

Berdoa itu sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cuman ada waktu yang paling tepat untuk berdoa agar doanya cepat dikabulkan, yaitu saat sepertiga malam.

Oleh karena itu, shalat tahajud sangat dianjurkan dilakukan saat sepertiga malam. Sebab pada waktu ini adalah momen yang paling tepat untuk berdoa.

Rasulullah bersabda: “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Meskipun demikian, doa tak harus dipanjatkan saat tahjud saja, setelah sholat lima waktu juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk berdoa.

2. Selalu bersihkan hati dari sesuatu yang tidak baik

Semakin tebal dosa kita, semakin susah doa terkabulkan. Maka dari itu, hal pertama yang harus kita lakukan adalah selalu berdoa memohon ampunan kepada Allah alias bertaubat.

Dan jauhkan hati dari segala sesuatu yang tidak baik, seperti tidak mencela orang lain, berprasangka buruk, menyimpan keburukan orang lain, menyimpan susah dalam hati dan sebagainya.

Bersihkanlah hatimu dengan banyak mengingat Allah setiap waktu. Jangan ridho bila sebagian besar waktumu tidak digunanakan untuk mengingat Allah.

3. Selalu berprasangka baik kepada Allah

Banyak yang berdoa tapi hatinya masih dipenuhi keraguan kepada Allah. Mereka masih ragu kalau doanya akan dikabulkan. Jika masih ada perasaan seperti itu, maka Allah pun akan ragu untuk mengabulkan doa kita.

Jangan berprasangka buruk kepada Allah, tapi senantiasa berprasangka baik dan yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa kita.

Baca Juga: 4 Doa yang Harus Dipanjatkan Setelah Sholat Tahajud

4. Kuatkan keyakinanmu

Dikabulkannya sebuah doa atau tidak tergantung dari seberapa besar keyakinan Anda. Kalau keyakinan Anda masih setengah-setengah, maka doanya pun akan sulit terkabul.

Oleh sebab itu, yakinlah seyakin-yakinnya bahwa doa Anda akan dikabulkan. Setelah itu, buktikan keyakinan Anda dengan amal perbuatan dalam bentuk ikhtiar. Jika Anda yakin tapi tidak ada ikhtiar, itu hanya kebohongan.

5. Doa harus dilakukan terus menerus

Doa itu tidak bisa diucapkan hanya sekali, tapi harus dilakukan secara terus-menerus. Kebanyakan orang berdoa hanya sekali saja dan karena tak kunjung dikabulkan, dia berhenti berdoa.

Justru ketika doa tak kunjung dikabulkan, kita harus lebih sering lagi berdoa. Bahkan ketika doa sudah dikabulkan, kita harus tetap berdoa.

6. Tunjukkan akhlak yang baik

Akhlak Anda memiliki peranan penting dalam terkabulnya doa Anda. Jika akhlak Anda awut-awutan, jangan harap doa dikabulkan, tapi jika akhlak Anda sangat baik, doa Anda akan lebih cepat dikabulkan.

Dengan begitu, mulailah perbaiki akhlak Anda kepada sesama dan kepada Sang Pencipta. Keduanya harus berada dalam keseimbangan.

Jadi, jika doa Anda tak kunjung dikabulkan, mungkin masih ada beberapa point di atas yang belum terpenuhi.

Loading...